KUA Kota Padang RL Suarakan Semangat Multikultural

KUA Kota Padang RL Suarakan Semangat Multikultural

Rejang Lebong (Inmas) -- Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kota Padang Kabupaten Rejang Lebong (RL), Bulkis, S.Th.I, MHI mengajak para pelajar pupuk semangat multikultural. Hal ini disampaikan oleh Bulkis, S.Th.I, MHI lewat naskah Syarhil Quran yang ia tulis. Tema tersebut dibawakan oleh peserta Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) utusan Kota Padang RL pada Minggu (24/09) di aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Curup.

Pada MTQ Ke-44 Tingkat Kabupaten Rejang Lebong tahun ini, Kecamatan Kota Padang mengutus dua Tim MSQ yang terdiri dari putra dan putri.  Tim MSQ Putra terdiri dan tiga personil, yaitu Pauzar Putra Utama, M. Rasyid Al-Fariz, dan Al-Jufri. Kemudian Tim MSQ Putri juga terdiri dari tiga anggota, yaitu Isna Syifa Azizah SY, Masita Al-Khalifah Qari’ah, Reza F Puspita. Kedua Tim MSQ tersebut membawakan judul yang berbeda.

Tim MSQ Putri utusan Kota Padang RL menyampaikan tema yang cukup penting bagi bangsa Indonesia, yaitu Multikultural dalam Perspektif Islam. Dalam syarahannya, Reza F Puspita menerangkan ayat-ayat al-Qur,an dan hadis berkenaan dengan multikultural. Dia mengatakan bahwa al-Qur’an juga bebicara tentang konsep multikultural. Di antaranya dalam ayat 13 surat al-Hujurat yang mengatakan bahwa Allah menciptakan manusia dari seorang laki-laki dan seorang perempuan. Kemudian Allah jadikan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar manusia saling mengenal satu sama lain.

Reza F Puspita menambahkan apabila perbedaan tersebut disikapi dengan positif, maka bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat. Sebaliknya, ketika perbedaan dimaknai secara negatif, maka yang akan timbul adalah perpecahan sesama anak bangsa. Oleh sebab itu, semangat multikultural perlu dijaga serta dipelihara. Apalagi bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku, budaya, dan bahasa yang mendiami ribuan pulau. (Chandra)

Bagikan :