Optimalisasi Lahan Madrasah Sebagai Sarana Belajar Siswa

Optimalisasi Lahan Madrasah Sebagai Sarana Belajar Siswa

Mukomuko (Inmas) -- Rabu, 20 September 2017 Salah satu upaya MTsN 3 Mukomuko dalam mengelola Sumber Daya Alam yang dimiliki oleh madrasah adalah dengan memanfaatkan lahan kosong, dimana kondisi tanah yang miring tidak memungkinkan untuk dibangun gedung sarana pembelajaran dimadrasah.

Untuk itu bagaimana upaya madrasah memanfaatkan lahan tersebut agar menjadi bermanfaat terus dilakukan. Diantaranya adalah dengan dibuatnya kolam ikan dan lahan perkebunan yang ditanami dengan berbagai tanaman herbal maupun tanaman perkebunan lainnya seperti ubi jalar dan ketela pohon.

Sebagaimana disampaikan oleh bapak Kepala Madrasah Syafrizal, S.Ag “Pemanfaatan lahan kosong sehingga menjadi produktif selain bernilai ekonomi juga bertujuan memberi nilai tambah pada hasil pendidikan di madrasah diantaranya adalah sebagai sarana siswa melaksanakan praktik, misalnya untuk mata pelajaran Muatan Lokal pertanian dan IPA. Pengelolaan tanaman herbal dan holtikultura diareal madrasah dilakukan oleh siswa di bawah bimbingan guru mata pelajaran tersebut”.  

Manfaat yang didapat dari kegiatan yang dilakukan oleh siswa ini diantaranya melatih siswa belajar agrobisnis dimana siswa belajar menanam, merawat dan menjualnya. Manfaat lain yang juga didapat dari pemanfaatan lahan kosong di madrasah juga menguntungkan dalam gerakan K-3 di sekolah. Lingkungan madrasah akan terlihat indah, bersih dan nyaman.(tisna)

Bagikan :