Kakanwil Kemenag Bengkulu Tinjau Pembangunan MAK N Kaur Tahap II

Kakanwil Kemenag Bengkulu Tinjau Pembangunan MAK N Kaur Tahap II

Kaur (Inmas) – Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar, MS, MPd melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kaur guna meninjau pembangunan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) Negeri Kaur yang telah memasuki tahap ke dua, Senin (4/9) yang lalu.

Kakanwil bersama rombongan tiba di Kabupaten Kaur sekitar pukul 17.00 wib, disambut langsung oleh Kakan Kemenag Kaur H. Sipuan, SAg, MM, Kasubag Tu H.Muhammad Nasir, SPd dan beberapa orang pejabat eselon IV dilingkungan Kemenag Kaur.       

Kepada Humas, Bustasar mengatakan, bahwa peninjauan ini dimaksudkan untuk melihat kesiapan Kabupaten Kaur sebagai penyelenggara program baru di lingkungan Kemenag RI, yaitu pendirian MAK N yang akan menjadi salah satu percontohan nasional, dimana rekrutmen guru dan muridnya akan dilakukan secara nasional.

Bustasar mengungkapkan bahwa Provinsi Bengkulu akan dijadikan percontohan madrasah secara nasional. Hal ini dibuktikan dengan didirikannya MAN Insan Cendikia di Bengkulu Tengah dan MAK N di Kabupaten Kaur.

“Saya harap agar MAK N Kaur ini didukung oleh semua pihak, sebab akan besar sekali  manfaatnya bagi masyarakat Kabupaten Kaur” tegas Bustasar.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kaur H. Sipuan, SAg, MM mengatakan, Fokus kejuruan yang akan dibuka pada MAK N Kaur akan disesuaikan dengan potensi daerah yang dikombinasikan dengan kurikulum pusat. Namun, penguatan keagamaannya tetap ada dan itu yang menjadi pembeda dengan sekolah kejuruan yang lainnya.

MAK N Kaur merupakan Madrasah Aliyah pertama yang mempunyai jurusan dan keterampilan di Provinsi Bengkulu. Sedangkan ploting Madrasah Kejuruan ada 6 lokasi se- Indonesia yakni di Kabupaten Kaur (Bengkulu), Atambua (NTT), Bolang Mongondow (Sulut), Seram Bagian Timur (Maluku), Samarinda (Kaltim), dan Rokan Hulu (Riau). (Puji_**)

Bagikan :