Pelapis Tebing Roboh, Longsor Parah Menimpa MAN 1 Mukomuko

Pelapis Tebing Roboh, Longsor Parah Menimpa MAN 1 Mukomuko

Mukomuko (Inmas) Diguyur hujan deras selama beberapa hari, pelapis tebing MAN 1 Mukomuko roboh hingga mengalami longsor parah. Kejadian ini terjadi Minggu (10/09).

Kepala Kantor Kemenag Kab. Mukomuko yang mengetahui berita tersebut langsung berkunjung ke lokasi longsor Senin (11/09). Selain Kepala Kantor Kemenang Kabupaten Mukomuko, kejadian longsor ini juga menyita perhatian Camat Ipuh, Kadis PU, BPBD, Polsek Ipuh dan Koramil Ipuh dengan datang melihat langsung ke MAN 1 Mukomuko. 

Menurut beberapa guru, tebing tersebut perlu penangan cepat karena tebing yang longsor merupakan jalan menuju kelas X IPS 1, 2 dan 3 yang dikhawatirkan akan memakan korban jika tidak ditangani dengan cepat.

Selain itu, tebing yang berada di sebelah timur juga akan ikut longsor jika tebing tersebut lambat ditangani. Jika hal tersebut terjadi, maka ruang belajar yang berada di bawahnya akan tertimbun tanah longsor yang akan mengakibatkan kerugian yang lebih besar lagi.

Kondisi tanah MAN 1 Mukomuko yang tidak rata menyebabkan banyaknya tebing di setiap bangunan. Oleh karena itu, pelapis tebing yang kokoh sangat perlu dibangun untuk mencegah kejadian yang serupa di MAN 1 Mukomuko.

Penanggulangan saat ini hanya bisa memberikan tali pelapis dan memberikan peringatan kepada seluruh siswa khususnya yang kelasnya berada di sekitar tebing untuk berhati-hati menuruni tebing saat menuju ke kelas masing-masing, apalagi saat sedang hujan.

Kejadian ini membuat MAN 1 Mukomuko sibuk mencari dana bantuan dari berbagai pihak untuk pembuatan pelapis tebing. Dana yang dibutuhkan untuk mengamankan tebing-tebing yang berada di setiap bengunan MAN 1 Mukomuko terbilang banyak karena tebingnya luas dan cukup tinggi.

Kenyamanan dan keamanan siswa saat belajar akan terus terganggu sampai pembuatan atau penguatan pelapis tebing selesai dikerjakan.Perhatian dan dukungan dari berbagai pihak akan sangat membantu dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi  MAN 1 Mukomuko saat ini. (J88)

Bagikan :