Muhadharah, Ajang Asah Kreativitas Peserta Didik MAN 2 Lebong

Muhadharah, Ajang Asah Kreativitas Peserta Didik MAN 2 Lebong

Bengkulu (Inmas), Muhadhoroh adalah latihan untuk berpidato didepan para peserta didik. Kegiatan ini adalah merupakan salah satu program wajib yang dilaksanakan bagi para peserta didik di MAN 2 Lebong yang dijadwalkan 1 kali di setiap minggunya. Kegiatan ini baru dimulai lagi pada jum’at tanggal 11 Agustus 2017 kemarin.

Kepala MAN 2 Lebong, Aji Agus Salim, M.Pd mengatakan bahwa, Kegiatan muhadharah ini dimaksudkan sebagai ajang kreatifitas dan latihan bagi para peserta didik agar memiliki ketrampilan berpidato dan melatih mental berbicara mereka dihadapan orang banyak. Hal ini dimaksudkan sebagai sarana bekal da'wah Islamiyah di masyarakat nanti setelah mereka menyelesaikan studinya di MAN 2 Lebong, ungkap Aji.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan dan melatih siswa dalam meningkatkan mutu pembelajaran, karena kegiatan muhadharah ini adalah merupakan salah satu kegiatan pembiasaan yang dilaksanakan di MAN 2 Lebong, yaitu proses pembentukan sikap dan perilaku yang relatif menetap melalui proses pembelajaran, diantaranya melalui kegiatan pembiasaan rutin, spontan, terprogram dan keteladanan”, imbuh Aji.

Feri Khairawati, S.Pd.I selaku Pembina kegiatan kali ini juga menambahkan bahwa, peserta didik yang memiliki keterampilan muhadharah dengan baik, maka akan menjadi modal awal baginya untuk terjun ke masyarakat, baik masyarakat perguruan tinggi bagi yang melanjutkan studinya ke perguruan tinggi, maupun masyarakat yang sesungguhnya.

“Apabila keberanian dan kemampuan ini dikembangkan dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan mereka akan menjadi seorang orator yang hebat, yang bisa menempatkan dirinya di hadapan masyarakat pendengar yang beraneka ragam suatu saat nanti”, demikian papar Feri.

Feri juga mengatakan Sedikit berbeda dari kegiatan muhadharah pada semester sebelumnya dikarenakan kegiatan kali ini dipusatkan di lapangan. Seluruh peserta didik mengikuti kegiatan muhadharah dengan berkumpul dan duduk bersama di lapangan. Semua itu dikarenakan beberapa ruang kelas masih direnovasi. Akan tetapi hal ini tidak menyurutkan semangat para peserta didik untuk melaksanakan kegiatan muhadharah ini. (Widia Ningsih, S.Pd.I)

Bagikan :