Siswa/i MTs Mambaul Ulum Benteng Budaya Baca Buku Pada Jam Istirahat

Siswa/i MTs Mambaul Ulum Benteng Budaya Baca Buku Pada Jam Istirahat

Bengkulu (Inmas)- Membaca adalah satu aktivitas yang memiliki segudang manfaat. Sedikitnya ada 8 manfaat yang dapat kita perhatikan manfaat dari membaca tersebut terutama anak-anak kita dalam proses belajar.

 

    Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Madrasah Tsanawiyyah MTS Manbaul Ulum Sri Hartati, S. Pd Desa Harapan Makmur Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah, Kamis 20 April 2017 pada pukul 09.30 Wib, ketika memantau kegiatan anak membaca di Perpustakaan Madrasah yang diasuhnya.

    Dari ke 8 manfaat membaca buku terebut adalah dapat melatih kemampuan berfikir. Otak ibarat sebuah pedang, semakin diasah akan semakin tajam. Kebalikannya jika tidak diasah, juga akan tumpul.

    Bacalah buku sebanyak mungkin. Menurut para ahli, keuntungan dari membaca buku dapat memberikan dampak yang menyenangkan bagi otak kita. Membaca juga membantu meningkatkan keahlian kognitif dan meningkatkan perbendaharaan kosakata.

    Disamping itu manfaat dari membaca meningkatkan pemahaman dalam menerima materi pelajaran, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, mengasah kemampuan menulis, mendukung kemampuan bicara didepan umum, meningkatkan konsentrasi, menjauhkan penyakit linglung atau lupa dan sebagai sarana refleksi dan pengembangan diri.

    Begitu besar dan banyaknya manfaat dari membaca, sehingga kita mewajibkan kepada siswa-siswi untuk banyak membaca terutama ketika jam istirahat sekolah ketimbang bermain dan mengerjakan sesuatu yang tidak bermanfat dan hal ini akan diterapkan kepada seluruh siswa setiap hari, papar panjang Kepala MTS Seri.(Bobi)

Redaktur: H.Rolly Gunawan

Bagikan :
Lihat Lainya dalam Kategori : Pendidikan Madrasah
Alamat Kantor
  • Kementerian Agama
  • Kantor Wilayah Bengkulu
  • Jl. Jenderal Basuki Rahmat No. 10 Bengkulu 38221
  • Telp. (0736) 21097 21597 344602 28123
  • Fax. (0736) 21597
  • http://bengkulu.kemenag.go.id
  • Email: kanwilbengkulu@kemenag.go.id
Facebook Pages
Twitter