MTsN 2 Lebong Menggelar Acara MTs Cup Tahun 2017

MTsN 2 Lebong Menggelar Acara MTs Cup Tahun 2017

Bengkulu (Inmas), Memasuki Tahun Ajaran baru MTsN 2 Lebong (10/6) menggelar acara yang rutin dilaksanakan yakni MTs Cup. MTs Cup di MTsN 2 Lebong diselenggarakan dengan tujuan menyambung silaturahim dan sebagai momen untuk mempromosikan madrasah dengan Sekolah Dasar (SD)  atau Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang berada disekitar Lebong Selatan.

Acara ini melibatkan seluruh SD sebagai peserta yang ada di Lebong Selatan. Seminggu  sebelum pelaksanaan pihak madrasah telah menyebarkan dan menyampaikan undangan ke seluruh SD/MI yang berada di sekitar Lebong Selatan. Dari 15 undangan  yang telah disebarkan ke beberapa SD/MI, Alhamdulilah ada beberapa SD/MI yang mendaftar.

Sebelum acara perlombaan dimulai, para peserta terlebih dahulu dikumpulkan untuk mendengarkan pengarahan dan sambutan dari Kepala Sekolah MTsN 2 Lebong Selatan. Dalam kesempatan tersebut Kepala Madrasah menuturkan bahwa acara MTs Cup dilaksanakan dengan tujuan ajang silaturahim serta ajang para siswa untuk berkompetensi secara sehat demi menunjukkan kreativitas dan keahlian serta ilmu yang dipelajari Khususnya pada Bidang Agama Islam dan yang tak kalah penting memperebut Piala bergilir MTs Cup 2017. Selain dari hal tersebut beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para peserta dan para guru pendamping yang telah bersedia mengikuti acara MTs CUP tahun 2017.

“Semoga harapan kita  acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar”, ungkap Beliau.

Pelaksanaan MTs Cup Tahun ini ada sedikit perbedaan dibandingkan dengan acara MTs Cup tahun sebelumnya antara lain dari bidang yang diperlombakan. Tahun ini perlombaan yang bentuknya menguras fisik ditiadakan karena mengingat bulan ini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, seperti lomba futsal, tarik tambang dan lomba pengibaran bendera merah putih.

Pada tahun yang dilombakan hanya pada bidang keagamaan antara lain: lomba azan, lomba kaligrafi, lomba tartil, lomba hafalan surat pendek dan lomba sholat Fardu. Tempat perlombaan diadakan secara terpisah sesuai dengan bidang atau cabang yang dilombakan. Hal tersebut mengingat agar waktu  pelaksanaan lomba lebih efektif dilaksanakan.

Perlombaan dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 12.30 WIB. Dari pantauan yang dilaksanakan tampak para peserta tetap bersemangat mengikuti lomba walaupun dalam kondisi puasa, begitupun para dewan juri. Dewan juri yang bertugas menilai perlombaan adalah para dewan Guru MTsN 2 Lebong sesuai dengan bidang mata pelajaran yang dibidangi. Dari setiap cabang yang dilombakan terdapat 2 orang juri yang mengkoordinir jalannya kegiatan. Para dewan juri harus memberikan arahan kepada para peserta terlebih dahulu agar dapat memerhatikan jenis penilaian yang akan dilaksanakan, dengan adanya pengarahan, maka para peserta diharapkan dapat mengindahkan jalannya perlombaan tersebut.

Setelah semua cabang lomba dinilai oleh dewan juri maka, hasil perlombaan langsung diumumkan pada hari itu juga. Setelah para juara diumumkan akhirnya SDN 05 Lebong Selatan  berhak membawa piala bergilir MTsN Cup tahun 2017.Perolehan tersebut berdasarkan banyaknya jumlah emas yang diperoleh.

Dalam kesempatan itu juga, piala bergilir langsung diserahkan oleh Kepala MTsN 2 Lebong, yakni Evi Erliana, M.Pd. Selain membawa piala para peserta sebagai pemenang juga diberikan sertifikat penghargaan karena telah menjadi pemenang serta telah berpartisipasi  di ajang MTsN CUP  Lebong tahun 2017. Mudah-mudahan di tahun depan MTs Cup 2 Lebong dapat menjadi lebih semangat dan lebih meriah.

Redaktur : H. Rolly Gunawan

Bagikan :