Kakankemenag Bengkulu Utara: "Tunaikan Zakat Fitrah Tepat Waktu"

Kakankemenag Bengkulu Utara:

Bengkulu (Informasi & Humas) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara, Zainal Abidin menghimbau masyarakat untuk menunaikan Zakat fitrah tahun 1438 H/2017 M tepat waktu, selambat-lambatnya akhir bulan Ramadhan.

Himbauan ini disampaikannya secara tertulis melalui surat bernomor B-0879/Kk.07.2.7/ BA.03.2/06/2017 tentang pemberitahuan zakat fitrah tahun 1438 H/2017 M tanggal 7 Juni 2017. Usai melaksanakan musyawarah dengan pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bengkulu Utara, Organisasi Masyarakat (ORMAS) Islam, dan para tokoh agama di Kabupaten Bengkulu Utara, Selasa (6/6) bertempat di Aula Sakinah Kemenag Kabupaten Bengkulu Utara tentang jumlah besaran Zakat Fitrah yang harus ditunaikan.

Dalam himbauan tertulisnya tersebut Zainal Abidin menyampaikan bahwa Zakat Fitrah Tahun 1438 H/2017 M dapat berupa beras atauuang. Untuk Zakat fitrah berupa beras ditetapkan sebesar 2,5 Kg atau (10 canting ) yang disesuaikan dengan beras yang dikonsumsi sehari-hari.

Sedangkan jika diqimatkan dengan uang maka untuk besaran harga beras yang dikonsumsi dengan kategori 1 (satu) adalah Rp.32.000,- dan untuk kategori II (dua) adalah Rp. 26.000,-

Selanjutnya, Zainal Abidin juga menyampaikan himbauan kepada seluruh jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara untuk dapat meneruskan hal ini kepada masyarakat di lingkungan wilayah kerjanya masing-masing, dan menghimbau untuk dapat membayar Zakat Fitrah melalui Amil Zakat Kantor Kemenag Kabupaten Bengkulu Utara, minimal 1 (satu) jiwa setiap keluarga.

Serta kepada seluruh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Se-Kabupaten Bengkulu Utara, untuk dapat mengkoordinasikan dan memonitor pengumpulan Zakat Fitrah maupun Zakat Maal disetiap desa atau masjid dalam wilayah kerja masing-masing dan menyampaikan laporannya kepada Kakankemenag Kabupaten Bengkulu Utara, selambat-lambatnya diakhir bulan Ramadhan. (bu)

Bagikan :