MTsN 2 Lebong Mengumumkan Hasil Kelulusan Kelas IX

MTsN 2 Lebong Mengumumkan Hasil Kelulusan Kelas IX

Bengkulu (Informasi dan Humas), Hasil kelulusan yang ditunggu-tunggu oleh banyak pihak mulai dar siswa, wali murid bahkan pihak madrasah, akhirnya diumumkan pada hari Jumat (2/6) di MTsN 2 Lebong.

Hasil kelulusan tersebut berdasarkan hasil Ujian Nasional yang diikuti oleh para siswa pada bulan Mei 2017. Hal ini merupakan dari hasil jerih payah dan kesungguhan para siswa selama menempuh pendidikan selama 3 tahun di MTsN 2 Lebong.

Hasil ini nanti dapat menentukan kemana arah mereka melanjutkan pendidikan lanjutannya. Beberapa hari sebelumnya pihak madrasah telah menyebarkan undangan kepada wali kelas IX agar dapat hadir pada hari Jumat pukul 9.00 WIB. Dalam undangan tersebut tertulis bahwa pengambilan hasil kelulusan tidak dapat diwakilkan.

Jika berpatokan dengan perintah dari pemerintah Kabupaten Lebong, seyogyanya pengumuman hasil kelulusan dibagi atau diumumkan pukul 14.00 WIB tetapi mengingat ada sedikit kesalahan teknis dari sekolah masing-masing, maka pengumuman diselenggarakan pukul 09.00 WIB.

Tidak saja di MTsN 2 Lebong  yang mengumumkan hasil kelulusan pada pukul  09.00 WIB, tetapi hampir seluruh sekolah di Kabupaten Lebong juga mengalami masalah yang sama yakni telah membagikan undangan kepada wali murid pada hari rabu, sementara Kamis tanggal merah, sehingga informasi yang disampaikan sulit untuk ditarik atau diperbaiki. Walaupun demikian masih ada beberapa sekolah yang mengumumkan hasil kelulusan pada pukul 14.00 WIB sesuai dengan yang dihimbau oleh Pemerintah Kabupaten Lebong dan kondisi ini sama-sama kita maklumi.

Pada pukul 09.00 WIB para dewan guru dan wali murid sudah berkumpul di ruang aula MTsN 2 Lebong. Dalam kesempatan tersebut Kepala Sekolah menyampaikan ucapan terima kasih kepada wali murid yang bersedia hadir memenuhi undangan yang telah disebarkan beberapa hari lalu.

Dalam kesempatan itu juga Kepala Sekolah menyampaikan alasan mengapa di MTsN 2 Lebong mengumumkan kelulusan pada pukul 09.00 WIB sementara perintah dari Kabupaten pengumuman kelulusan dilaksanakan pukul. 14.00 WIB. Hal tersebut dikarenakan undangan sudah terlanjur dibagikan dengan wali murid, sehingga tidak mungkin undangan ditarik kembali. Hal tersebut telah disampaikan dengan pihak Diknas, dengan alasan tersebut pihak pemerintah memaklumi dan memberikan izin bahwa kelulusan kelas IX di MTsN 2 Lebong diumumkam pukul 09.00 WIB.

Kepala Sekolah MTsN 2 Lebong menyarankan kepada wali murid agar amplop yang diterima mohon nantinya dirahasiakan dengan anak-anak dan diberitahukan hasilnya setelah sampai di rumah, karena dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Biasanya anak-anak kalau sudah tahu bahwa mereka lulus, dikhawatirkan timbul ide-ide yang kurang baik, seperti mencoret seragam dan yang lebih ditakutkan konvoi motor sehingga kebut-kebutan dijalan, bukannya malah merayakan kelulusan tapi berimbas dengan kecelakaaan. Hal ini yang patut kita waspadai, sekali-lagi kami berharap bapak/ibu wali murid kelas IX  agar tidak membuka amplop atau hasil kelulusan disekolah” ungkap beliau.

Sekira pukul 09.30 WIB, pihak sekolah telah selesai membagikan hasil kelulusan siswa kelas IX yang berjumlah 24 siswa. Dari 24 siswa tersebut, maka dapat dinyatakan siswa lulus 100%. Melihat hasil yang dicapai oleh para siswa, maka pihak sekolah menyadari masih banyak kekurangan  yang harus dibenahi dalammendidik siswa, meski dinyatakan lulus 100%  kedepannya kita mesti berjuang agar hasil yang dicapai lebih baik dan maksimal.selanjutnya menjadi pekerjaan rumah bagi pihak madrasah agar lebih meningkatkan kualaitas dan kuantitas di tahun berikutnya.(Fahrizal)

Redaktur : H. Rolly Gunawan

Bagikan :