KUA Kecamatan Kota Padang RL Bina Remaja Islam Masjid

KUA Kecamatan Kota Padang RL Bina Remaja Islam Masjid

Bengkulu (Inmas)- Pada masa sekarang ini beberapa pengurus masjid khawatir dan prihatin dengan kondisi para remaja islamnya karena jarang ada kegiatan atau bahkan tidak pernah ada remaja islam salat berjamaah di masjid dan kegiatan-kegiatan keagamaan di masjid. Pertanyaannya adalah ada apa dengan remaja masjid di era sekarang ini? Para pengurus masjid sangat prihatin, karena tentunya mereka (remaja masjid) adalah generasi penerus yang akan meneruskan estafet dalam syiar islam di masjid masing-masing.

 

    Kekhawatiran dan keprihatinan para orang tua dan pengurus masjid tentunya sangat wajar, karena di era teknologi informasi saat ini remaja memilih berkutat dengan gadget, sosial media, ketimbang harus mengurusi kegiatan di masjid. Para orang tua juga khawatir terhadap remaja masjid akan terlena dan terpengaruh ke dalam hal-hal yang negatif akibat pergaulan dan pengaruh teknologi informasi.

    Berangkat dari pemikiran di atas, maka Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kota Padang Kabupaten Rejang Lebong (RL) merasa perlu membina Remaja Islam Masjid (Risma). Kepala KUA dibantu Penyuluh Agama Islam (PAI) Non PNS bahu membahu melakukan pembinaan Risma. Berbagai kegiatan pengajian diadakan. Para remaja diajari membaca al-Quran dan ilmu-ilmu agama Islam.

    Masalah Remaja Islam sangat penting harus segera kita tindak lanjuti, tidak hanya beretorika, usul saja, harus dengan tindakan yang nyata dan harus melibatkan semua unsur yaitu orang tua, tokoh masyarakat muslim, pengurus masjid dan lingkungan di sekitar masjid. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa jaman sekarang tidak bisa disamakan dengan jaman 20-30 tahun yang lalu. Remaja jaman dulu aktif ke masjid karena mungkin belum ada internet, belum ada handphone (HP), belum ada media sosial online. Tetapi sekarang era teknologi informasi, pendekatan kepada remaja masjid juga harus dengan halus, disesuaikan dengan situasi dan kondisi, jelas Bulkis, S.Th.I, MHI pada Kamis (27/04) di Kota Padang. (Humas)

Redaktur : H.Rolly Gunawan

Bagikan :