KUA SAM Seluma Akan Terapkan Aplikasi Simponi

KUA SAM Seluma Akan Terapkan Aplikasi Simponi

Bengkulu (Informasi & Humas) - Sejalan dengan tuntutan masyarakat akan pelayanan penerimaan negara yang cepat, akurat dan dapat diandalkan (reliable), pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menyediakan fasilitas pembayaran/penyetoran penerimaan negara melalui Modul Penerimaan Negara Generasi ke-2 (MPN G-2) yang diluncurkan pada tanggal 27 Februari 2014. Modul ini merupakan aplikasi berbasis web bagi pembayaran pajak, cukai, PNBP dan non-anggaran. Modul penerimaan Negara Generasi Kedua (MPN G2) adalah sistem penerimaan negara yang menggunakan surat setoran elektronik. Surat setoran elektronik adalah surat setoran yang berdasarkan pada sistem billing.

Oleh Sebab itu Kepala KUA Kecamatan Semidang Alas Maras Marlius Putra, M.Hi yang baru saja mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Simponi beberapa hari yang lalu akan menerapkan Penyetoran PNBP NR bagi setiap catin yang akan menikah di luar kantor Melalui layanan Sistem Penerimaan Negara Bukan Pajak Secara Online (SIMPONI) mulai 1 April 2017 mendatang sejalan dengan perkembangan teknologi yang maju pesat untuk mempermudah masyarakat dalam hal penyetoran biaya nikah dan rujuk.    

Marlius menjelaskan setidaknya ada 3 hal utama yang harus diperhatikan dalam membangun integrasi   sebagaimana yang disebutkan dalam regulasi peraturan bidang keuangan negara, yaitu: Tidak boleh ada pungutan kepada masyarakat di luar aturan yang sudah ditetapkan; Setoran PNBP tidak boleh ditampung dalam rekening yang dibuat oleh Kementerian atau Lembaga, tanpa seijin Kementerian Keuangan; dan Penerimaan harus disetorkan ke rekening kas negara pada hari yang sama. Penyediaan sistem pembayaran online ini hanyalah salah satu contoh dari berbagai reformasi birokrasi yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan dalam melakukan pembenahan dan peningkatan kualitas pengelolaan keuangan negara untuk mewujudkan good governance atau pemerintahan yang bersih. (mr)

Bagikan :