KUA Curup Tengah Ajak Masyarakat Lestarikan Pembacaan Kitab Al-Barzanji

KUA Curup Tengah Ajak Masyarakat Lestarikan Pembacaan Kitab Al-Barzanji

Bengkulu (inmas) 24/03 - Bertempat di Kelurahan Talang Rimbo Lama Curup Tengah Kepala KUA Supianto, S.Ag, MHI bertugas sebagai Penghulu dalam pencatatan pernikahan warga, Selasa (21/03).

Banyak cara dan tradisi yang sering dilakukan oleh masyarakat untuk mennsemarakkan acara pernikahan baik yang dilakukan langsung begitu selesai proses pernikahan, ataupuan dilaksanakan besoknya pada acara resepsi pernikahan, dalam istilah Adat Rejang Lebong disebut dengan Jamuan Kutei. Biasanya dalam acara Jamuan Kutei selalu dilaksanakan tradisi Pemabacaan Kitab Al-Barzanji dan Marhaba.

Biasanya Pelaksanaan pembacaan Al-Barzanji dan Marhaba yang ditutup dengan pembacaan do’a tersebut,  dikoordinir, dipandu dan dilaksanakan oleh Perangkat Agama setempat. Karena rata-rata Perangkat Agama khususnya di Rejang Lebong pandai membaca Al-Barzanji dan Marhaba.

Sebagai salah satu contoh, adalah ketika setelah selesainya proses pelaksanaan pernikahan yang dipandu oleh Penghulu Curup Tengah di atas, selanjutnya langsung dilaksanakan Jamuan Kutei yang diisi dengan Pembacaan Kitab Al-Barzanji dan Marhaba. Yang dipandu oleh Imam Kel. Talang Rimbo Lama Uztad Endang Sudirman, dan perangkat agama yang lainnya yang hadir. Dalam hal ini Kepala KUA Curup Tengah biasanya pasti mendapat bagian salah satu pasal dalam pembacaan. Saat itu Kepala KUA Curup Tengah mendapat jatah membaca pasal kedua.

Dengan keikutsertaan Kepala KUA Curup Tengah dalam pembacaan Kitab Al-Barzanji dan Marhaba serti ini, hal ini berarti KUA telah berperan untuk mengajak masyarakat untuk melestarikan dan membudayakan tradisi Kesenian Islam tersebut. Oleh karena jika jarang dilaksanakan dikhawatirkan nantinya Tradisi yang Positif dan Islami ini akan semakin berkurang peminat pembacaannya dan akhirnya hilang beriring dengan kemajuan zaman. (Alam)

Redaktur : H. Rolly G

Bagikan :