PAI Non PNS KUA SAM Lulus dan Sukses Ikuti Diklat Penyuluh

PAI Non PNS KUA SAM Lulus dan Sukses Ikuti Diklat Penyuluh

Bengkulu (Inmas) - Saat ini Penyuluh Agama Islam sedang mendapat perhatian ekstra dari pemerintah karena tugasnya yang strategi dalam pembangunan bangsa. penyuluh agama merupakan garda terdepan di dalam penyuluhan agama di daerah masing-masing, karena itu diperlukan kompetensi yang baik dalam pengetahuan tentang agama. Oleh sebab itulah Kemenag Seluma mengutus 2 orang penyuluh PAI Non PNS salah satunya Kuspahari, S.Pd untuk mengikuti Diklat Kopetensi Penyuluh yang di selenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Palembang selama 7 hari yang merupakan  Gelombang perdana atau gelombang I yang dilaksanakan tanggal 15 s.d. 21 Maret 2017, di ikuti oleh 4 angkatan yakni Angkatan I s.d. IV.

Diceritakan oleh Kuspahari bahwa materi yang di berikan adalah tentang peran dan fungsi penyuluh yang mempunyai peranan sebagai pembimbing masyarakat, sebagai panutan dan sebagai penyambung tugas pemerintah”. Fungsi Penyuluh Agama Islam adalah sebagai  Informatif, Edukatif, Konsultatif, dan Fungsi Advokatif. Disamping itu juga ketika mengikuti diklat, peserta juga di tes untuk membaca Alquran dan juga ceramah termasuk juga praktek ibadah seperti penyelenggaraan jenazah dan shalat jenazah serta praktek ibadah lainnya. Di akhir diklat peserta mengikuti tes tertulis dan dinyatakan lulus sehingga ia berhak untuk mendapatkan sertifikat kelulusan sebagai penyuluh agama islam non PNS.

Sementara itu Kepala KUA Semidang Alas Maras, Marlius Putra, MHI sangat memberi support dan mengafresiasikan keberhasilan PAI Non PNS KUA SAM ia menilai bahwa penyuluh agama Islam yang ideal setidaknya menguasai peta dakwah, mampu menyusun rencana kerja, piawai menganalisis data potensi wilayah, dan cermat membidik sasaran yang  belum tergarap para ulama/kyai/da’i. Tak kalah pentingnya adalah kemampuan menyusun dan menetapkan materi bimbingan berbasis media, baik cetak maupun elektronik dengan mengoptimalkan kekuatan sosial budaya masyarakat. (mr)

Bagikan :