Kemenag Bengkulu Sampaikan Program Strategis Pembinaan KUB

Kemenag Bengkulu Sampaikan Program Strategis Pembinaan KUB

Bengkulu (Informasi dan Humas) 15/3- Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu menyampaikan program-program strategis pembinaan Kerukunan Umat Beragama (KUB) yang telah dilaksanakan di Provinsi Bengkulu, Rabu (14/3).

    Kasubbag Hukum dan KUB Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, H.Junni Muslimin S.Ag,MA menyebutkan ia bersama Kabag TU, Drs.H.Mulya Hudori,M.Pd telah menyampaikan beberapa program strategis terkait pembinaan KUB di Provinsi Bengkulu dalam Kegiatan Evaluasi dan Koordinasi tugas dan Fungsi KUB di Hotel Holiday Resort Lombok, Nusa Tenggara Barat.

    Kegiatan evaluasi dan koordinasi KUB yang dilaksanakan oleh Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama RI berlangsung selama empat hari mulai tanggal 14 sampai 17 Maret 2017.

    "Kegiatan ini merupakan wadah Evaluasi dan sinkronisasi program pembinaan kerukunan umat beragama sekaligus sebagai dasar untuk usulan anggaran KUB tahun 2018," ujarnya saat dihubungi via Telphon.

    Pada awal tahun 2017, menurutnya kanwil Kemenag Bengkulu telah melaksanakan kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama salah satunya adalah Rakor Kerukunan Umat Beragama, dialog kerukunan umat beragama serta himbauan percepatan realisasi anggaran KUB.

    Sementara itu, ditempat terpisah Menteri Agama RI, H.Lukman Hakim Saifudin menyebutkan Indeks kerukunan umat beragama di Indonesia tahun 2016 mengalami kenaikan jika dibanding dengan indeks tahun sebelumnya.

    Laporan Puslitbang menyebutkan, indeks kerukunan umat beragama 2016 berada pada angka 75,47%, naik 0,11% dari tahun sebelumnya, yakni 75,36%. Ada tiga variable yang diukur, yaitu: aspek kesetaraan, toleransi, dan kerjasama. Kalau dua aspek pertama sudah di atas 76% (78,4% dan 76,5%), aspek kerjasama baru mencapai angka 42%.

Redaktur : H.Rolly Gunawan

Bagikan :