Kuota Haji Benteng Kembali 92 Orang

Kuota Haji Benteng Kembali 92 Orang

Bengkulu (Informasi dan Humas) 14/3- Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mendapat kuota tambahan 2 jemaah. Sehingga total kuota haji bertambah dari sebelumnya 90 orang menjadi 92 orang. ”Penambahan kuota untuk Benteng merupakan pemberian dari pemerintah pusat melaui Kementrian Agama RI,” terang Kepala Seksi PHU Kemenag Benteng Hj. Nurleila, SHI, MM.

    Dalam perjuangan penambahan kuota untuk Benteng, Kemenag Benteng melihat peluang penambahan kuota secara nasional oleh pemerintah Arab Saudi. Diketahui bahwa kuota secara nasiona sebanyak 10 ribu jemaah haji yang selanjutnya dibagi untuk seluruh wilayah Indonesia, termasuk Bengkulu.

    Jika melihat jumlah yang diberangkatkan berdasarkan jumlah penduduk, seharusnya Benteng sudah mampu memberangkatkan di atas 100 jemaah. Ini dikarenakan jumlah penduduk Benteng saat ini sudah mencapai 121 ribu jiwa. Dan kuota diberikan berdasarkan 1/1000 jumlah penduduk, yang berarti sebanyak 121 orang.

    Namun hal tersebut belum bisa didapatkan Benteng. Untuk 92 orang saja sudah maksimal. Karena, pada kenyataannya jumlah yang diberangkatkan belum sampai demikian. Bahkan sempat hanya 75 orang.

    Walaupun demikian, Kemenag Benteng tidak berhenti memperjuangkan penambahan kuota haji. Apalagi pendaftar haji semakin bertambah. Sampai saat ini sudah 92 jemaah yang mendaftar. Dan jika dibandingkan dengan kuota, mendaftar saat ini baru bisa berangkat 10 tahun yang akan datang. Pendaftar berikutunya juga akan lebih lama lagi.

    ”Walaupun dinilai masih sedikit, namun Kemenag Benteng tetap akan memperjuangkan adanya penambahan kuota haji agar bisa lebih dari saat ini,” tegas Hj Nurleila. (Bobi)

Redaktur : H.Rolly Gunawan

Bagikan :