Kasi Bimas Islam Kemenag RL Ikuti Rapat Lanjutan Persiapan Isbath Nikah

Kasi Bimas Islam Kemenag RL Ikuti Rapat Lanjutan Persiapan Isbath Nikah

Bengkulu (Informasi dan Humas), Kasi Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong (RL), Drs. Suhardihirol, M.Pd hadiri rapat persiapan isbath nikah.

Rapat digelar di Ruang Rapat Sekretariat Daerah RL. Turut hadir dalam pertemuan ini Wakil Ketua Pengadilan Agama (PA) Curup, Dra. Orba Susilawati, MHI didampingi Panitera Gustina Chairani, SH, Kabag Kesra, dan Kepala KUA beserta Camat.

Pada rapat ini dibahas hal-hal penting yang terkait dengan persiapan pelaksanaan isbath nikah yang akan digelar pada tanggal 9, 10, 11, dan 12 Mei mendatang. Di antaranya mengenai jumlah calon peserta isbath nikah yang sudah mendaftar, kelengkapan dokumen, serta teknis pelaksanaan isbath nikah.

Berdasarkan data yang diterima dari para Kepala KUA sudah ada 180 peserta isbath yang mendaftar dari 215 kuota yang disediakan.

Menurut para Kepala KUA belum terpenuhinya kuota isbath nikah, dikarenakan banyaknya kendala di lapangan. Misalnya, kondisi geografis yang sulit terjangkau dan kesibukan warga yang mayoritas adalah petani.

Sebagaimana diungkapkan oleh Kepala KUA Binduriang, Darwis, S.Ag yang mengatakan bahwa sebagian besar warga belum mengetahui betul manfaat dari isbath nikah. Karena itu, antusias warga untuk mengikuti isbath nikah masih rendah. Akan tetapi, setelah dilakukan sosialisasi pemahaman warga terhadap isbath nikah dinilai cukup baik.

Kasi Bimas Islam Kemenag RL menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja para Kepala KUA yang dengan ikhlas membantu warga mengikuti isbath nikah. Sejak sosialisasi, mengurus dokumen, hingga mendaftarkan calon peserta. Beliau berharap dengan digelar rapat lanjutan ini kendala di lapangan dapat teratasi. (Bulkis)

Redaktur : H. Rolly Gunawan

Bagikan :