Tim Pramuka MAN 1 Mukomuko Mengikuti Pelatihan P3K

Tim Pramuka MAN 1 Mukomuko Mengikuti Pelatihan P3K

Bengkulu (Informasi dan Humas), Tim pramuka MAN 1 Mukomuko mengikuti pelatihan pertolongan pertama pada kecelakaan atau yang sering disebut P3K. Pelatihan ini diikuti oleh sepuluh orang siswa yang terdiri dari lima putra dan lima putri.

Pelatihan diadakan untuk menunjang pengetahuan dasar mengenai cara memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan. Selain itu, kegiatan pelatihan ini juga merupakan respon terhadap hasil seleksi PPMN yang dilaksanakan pada hari Sabtu 18/02 lalu.

Pada seleksi tersebut nilai tim pramuka MAN 1 Mukomuko masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu MAN I Mukomuko bekerjasama dengan tenaga kesehatan Puskesmas Ipuh untuk memberikan pelatihan mengenai P3K.

"Semoga dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan nilai P3K tim pramuka MAN 1 Mukomuko pada seleksi berikutnya di Provinsi", kata Kepala MAN 1 Mukomuko Nursyamsiah saat ditemui di ruangannya.

Pelatihan dilaksanakan di pondok belajar MAN 1 Mukomuko. Pondok belajar tersebut dimanfaatkan sebagai sarana pelatihan P3K dengan pertimbangan, bahwa  pondok belajar memiliki sirkulasi udara yang cukup baik untuk kenyamanan pelaksanaan kegiatan pelatihan.
Sepuluh orang anggota tim pramuka tersebut mengikuti pelatihan mengenai pengetahuan dasar menangani pesien kecelakaan kemudian dilanjutkan dengan praktek penanganan pasien. Selama pelatihan berlangsung tim pramuka tampak antusias mengikuti pelatihan yang diberikan hingga selesai.

Menurut Ibu Nursyamsiah, tujuan dari P3K ini tidak hanya berkaitan dengan kesehatan tetapi juga untuk mendidik dan menanamkan kepedulian sosial  terhadap siswa-siswi MAN 1 Mukomuko.

"Kita sebagai sekolah yang berciri khas agama tidak hanya bertanggungjawab untuk memberikan pengetahuan, dan keterampilan tetapi jauh lebih penting dari itu adalah menanamkan rasa empati dan peduli terhadap keadaan sesama umat manusia itu mutlak dilakukan sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW", lanjutnya.

Menurut pembina P3K MAN 1 Mukomuko, Bapak Nopran Rio Pegi A, S. Pd melalui pelatihan ini tim pramuka MAN 1 Mukomuko lebih semangat seleksi PPMN, sehingga mampu berbenah dan cakap dalam memberikan pertolongan pada korban kecelakaan.

Selain itu, program P3K MAN 1 Mukomuko juga didukung oleh tim Toga yang telah memiliki program pembibitan dan budidaya tanaman obat tradisional. (Jufri88)

Redaktur : H. Rolly Gunawan

Bagikan :