KUA Sindang Beliti Ilir Adakan Sosialisasi Kuota Dan Persyaratan Isbath Nikah

KUA Sindang Beliti Ilir Adakan Sosialisasi Kuota Dan Persyaratan Isbath Nikah

Bengkulu (Inmas) 24/2 - Kantor Urusan Agama Kecamatan Sindang Beliti Ilir melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kuota dan Persyaratan Isbath Nikah di ruangan Aula KUA Kec. SBI, Kamis (23/2) kemarin.

Sosialisasi dimulai pukul 09.00 WIB dan turut menghadiri acara adalah Camat Sindang Beliti Ilir, Rizami, SH. Adapun target penyampaian sosialisasi atau peserta dalam kegiatan tersebut adalah para kepala desa dalam wilayah kecamatan Sindang Beliti Ilir. Camat Sindang Beliti Ilir, Rizami, SH dalam kata sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Isbath Nikah merupakan program kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong dalam rangka Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-137 Kota Curup tahun 2017 yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong.

Rizami meminta kepada seluruh Kepala Desa agar dapat mendata para warganya yang belum memiliki salinan akta nikah atau buku nikah agar dapat diikutsertakan dalam acara Isbath Nikah tersebut. Tegasnya.
Selanjutnya Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sindang Beliti Ilir dalam sosialisasinya menuturkan kuota atau jatah Isbath Nikah untuk wilayah Kecamatan Sindang Beliti Ilir berjumlah 29 pasang peserta, jadi kalau jumlah desa sebanyak sepuluh, maka jatah perdesa untuk mengikut sertakan warganya dalam Isbath Nikah tersebut rata-rata berjumlah tiga pasang perdesa, tuturnya.

Kepala Kua Kec. SBI menyampaikan syarat-syarat untuk mengikuti program Isbath Nikah Pemda Kabupaten Rejang Lebong, yaitu Foto Kopi  Kartu keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) tiap-tiap pasang peserta yang telah di nazelegen (stempel Pos bermaterai 6000).

Selanjutnya, Musa Menambahkan persyaratan berikutnya adalah surat keterangan menikah dari kades/lurah, surat keterangandari KUA yang menyatakan bahwa pasangan suami istri tersebut pernikahannya tidak terdaftar di KUA, Surat keterangan kematian/akta cerai, dan surat permohonan isbath nikah. Terang Musa.
Acara sosialisasi yang diselanggaakan oleh KUA Kec. SBI berjalan secara hikmad dan disambut positif oleh semua Kepala Desa se-Kecamatan Sindang Beliti Ilir  selaku peserta dalam kegiatan tersebut. (Tio)

Bagikan :