Praktik Tata Boga, Siswa/i MAN 1 Kepahiang Angkat Menu Masakan Rejang

Praktik Tata Boga, Siswa/i MAN 1 Kepahiang Angkat Menu Masakan Rejang

Bengkulu (Informasi dan Humas) 21/02 – Siswa-siswi MAN 1 Kepahiang kelas XII Sosial melaksanakan kegiatan praktik tata boga beberapa waktu yang lalu. Kegiatan yang dilakukan di ruang kelas XII Sosial I ini merupakan salah satu ujian praktik mata pelajaran seni budaya yang diampu oleh Yuliansyah, S.Pd.

Menu masakan yang diangkat merupakan menu masakan tradisional khas daerah Bengkulu, khususnya menu masakan Rejang (salah satu suku asli daerah bengkulu, red). Seperti lemah, tempoyak, urab, sambal terasi dan rebusan sayur mayur. Tak lupa pula disajikan berbagai macam buah-buahan sebagai pencuci mulut.

Menurut Yuliansyah, banyak nilai seni yang dapat diambil dalam praktik ini. Salah satunya yakni mengajarkan siswa-siswi agar mencintai budaya khas daerah Bengkulu melalui masakan tradisional.

“Mereka yang menyiapkan kuliner khas Rejang menampilkan segi budayanya juga, karena dengan menyajikan masakan khas Rejang, itu bearti mereka juga ikut melestarikan makanan tradisional kita yang sudah hampir ditinggalkan oleh penduduk sekitar” jelas dia. “Selain itu cara mereka menata masakan di atas meja display juga merupakan nilai seni yang begitu indah, sehingga hanya dengan melihat tampilannya saja kita sudah merasa lapar” sambungnya.

Untuk penilaian Yuliansyah meminta bantuan beberapa orang guru lainnya. Kriteria yang dinilai mencakup tentang rasa, penampilan serta kebersihan. Diwaktu yang bersamaan, Kepala MAN 1 Kepahiang, Dra. Hj. Rosnani, M.Pd memberikan apresiasinya kepada seluruh siswa-siswi serta guru pembimbing. Beliau berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menumbuhkan rasa peduli terhadap budaya khas Bengkulu terutama dibidang kuliner. (Novia)

Redaktur : H. Rolly Gunawan

Bagikan :