Kepala KUA Semidang Alas Maras Khawatir Dampak Negatif Pasar Malam

Kepala KUA Semidang Alas Maras Khawatir Dampak Negatif Pasar Malam

Bengkulu (Informasi & Humas) - Keberadaan Pasar Malam yang terletak persis di belakang kantor KUA Semidang Alas Maras tepatnya di lapangan Sepak Bola Desa Tedunan  menimbulkan kekhawatiran akan dampak negatif yang bisa saja ditimbulkan dari permainan adu ketangkasan dan pembelian kupon berhadiah. Hal ini disampaikan oleh Kepala KUA Semidang Alas Maras, Marlius Putra, M.HI kepada Kontributor Website Kemenag Seluma, Rabu (22/02) pukul 08.00 Wib.

Pasar malam rakyat adalah salah satu hiburan yang terjangkau. Grup pasar malam hiburan rakyat biasanya berkeliling dari satu tempat ke tempat lain, buka selama 1-2 minggu sebelum berpindah tempat dan mereka terlebih dahulu minta izin dan bekerja sama dengan pemerintahan desa setempat. Banyak permainan ‘legendaris’ yang suka ada di pasar malam seperti komedi putar, bianglala, kora-kora, ombak banyu, tong setan, rumah hantu, kereta-keretaan, dan lain sebagainya. Selain itu juga banyak penjual barang-barang murah dan unik, juga makanan yang menambah kemeriahan pasar malam.
    
Marlius Menilai Keberadaan pasar malam mempunyai dampak Positif dan dampak negatif. Dampak positifnya masyarakat merasa terhibur setelah seharian menjalani rutinitas seperti bertani yang menjadi mata pencaharian terbesar masyarakat Semidang Alas Maras, warga bisa mengajak anak ataupun keluarga untuk menikmati permainan-permainan yang disuguhkan khusus untuk anak-anak serta belanja pakaian atau makanan di area pasar malam,

Namun disisi lain ada dampak negatif yang bisa timbul akibat adanya permainan ketangkasan yang di khawatirkan mengarah kepada hal yang berbau judi terlebih ada penjualan kupon dengan iming-iming hadiah kulkas dan sepeda motor. Dampak negatif lainnya bisa juga timbul apabila masyarakat ketagihan menonton permainan sampai larut malam, sehingga bangun kesiangan dan kecapean ketika akan bekerja, tentunya akan menurunkan gairah kerja. Marlius menghimbau agar masyarakat cerdas memilih dan memilah mana yang baik untuk permainan untuk anak dan keluarga. Jangan sampai terjebak pada permainan yang mengarah kepada perjudian atau hal buruk lainnya. (ml)

Bagikan :