MAN 1 Mukomuko Tuan Rumah Pembukaan Seleksi PPNM

MAN 1 Mukomuko Tuan Rumah Pembukaan Seleksi PPNM

Bengkulu (Informasi dan Humas) 21/2- Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kementerian Agaman Kabupaten Mukomuko, Bapak Drs. Syukran, M. Pd membuka acara seleksi PPMN tingkat MA yang dilaksanakan di MAN 1 Mukomuko, Senin 19/02.

    Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa "Untuk dapat lolos dalam seleksi para peserta harus mampu mencapai standar yang telah ditetapkan oleh panitia seleksi. Yang terpilih diseleksi ini, akan mengikuti seleksi tahap berikutnya di provinsi Bengkulu".

    Selain itu, Pak Syukran juga menyampaikan  bahwa "Pangkalan bisa saja dari Kabupaten Mukomuko, bisa saja dari kabupaten lain. Yang terpilih itulah yang menjadi duta pangkalan Provinsi Bengkulu".

    Ruangan tempat acara pembukaan dipenuhi oleh peserta seleksi yang berasal dari tiga Madrasah Aliah yaitu, Madrasah Aliah Negeri 1 Mukomuko, Madrasah Aliah Negeri 2 Mukomuko dan Madrasah Aliayah Darul Amal. Ketiga madrasah tersebut membawa anggota pramuka terbaik yang telah diseleksi di madrasah masing-masing.

    Peyelenggaraan seleksi PPMN tingkat MA Kabupaten Mukomuko dilaksanakan di dalam dan di luar ruangan. Adapun jenis seleksi yang dilaksanakan, adalah seleksi pengibaran bendera, seleksi Pionering, seleksi P3K dan seleksi Film pendek, dan Seni Tari Kreasi Islam.

    Seleksi baru dimulai setelah pembukaan selasai yaitu pada pukul 10.30 WIB. Peserta lomba langsung mempersiapkan diri di lapangan upacara untuk mengikuti lomba pertama yaitu seleksi pengibaran bendera. Lomba pengibaran bendera di mulai oleh peserta utusan MAN 1 Mukomuko, kemudian disusul  MAN 2 Mukomuko dan Madrasah Aliyah Darul Amal.

    Setiap jenis kegiatan seleksi memiliki kriteria penilaian tersendiri, yang telah ditetapkan oleh panitia seleksi. Misalnya, seleksi tarian daerah, para peserta harus menampilkan tarian daerah yang menggunakan lagu daerah Bengkulu. Hal ini dilakukan karena semua peserta merupakan calon yang akan mewakili Provinsi Bengkulu untuk lomba Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional, sekaligus memperkenalkan tarian khas Provinsi Bengkulu.

    Adapun kriteria penilaian pada lomba bercerita tentang pahlawan nasional adalah pronountiation, Conten, Interaktion, Performance, dan Vocal. Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan cerita adalah empat sampai enam menit.

    Lomba pioneering dilaksanakan dilapangan. Seluruh peserta memiliki semangat yang luar biasa untuk bisa menunjukkan karya terbaik mereka. Pioneering mengambarkan rumah adat Provinsi Bengkulu.

    Adapun waktu yang diberikan untuk mneyelesaikan rumah adat dalam lomba pioneering ini adalah 70 menit. Dalam lomba ini, MAN 1 Mukomuko dapat menyelesaikan tugas lebih cepat lima menit dari waktu yang diberikan oleh dewan juri. Artinya Peserta pramuka utusan MAN 1 Mukomko hanya menggunakan 65 menit untuk menyelesaikan tugas.

    Seleksi PPMN tingkat MA Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko yang di laksanakan di MAN 1 Mukomuko selesai dilaksanakan pukul 18.00 WIB. Adapun hasil seleksi, akan diumumkan paling lambat satu meninggu setelah penyelenggaraan selesai dilaksanakan.

    Semua peserta sangat yakin bahwa merekalah yang akan lolos ke tahap ke dua yang akan dilaksanakan di Provinsi Bengkulu. Karena mereka merasa telah melakukan upaya terbaik Namun mereka tetap akan menerima dengan lapang dada apapun hasilnya.

    Siapapun terpilih kita do'akan semoga dapat mengharumkan nama Kementerian Agama Kebupaten Mumomuko dan Provinsi Bengkulu di perkemahan pramuka madrasah nasional (PPMN) yang akan selenggaran di Bangka Belitung. Jufri88

Redaktur : H.Rolly Gunawan

Bagikan :