Tingkatkan Kualitas, Guru MAN RL Ikuti Diklat Media Pembelajaran

Tingkatkan Kualitas, Guru MAN RL Ikuti Diklat Media Pembelajaran

Bengkulu (Informasi dan Humas) 21/02 -- Dalam rangka upaya mewujudkan Madrasah Lebih Baik dan Lebih Baik Madrasah, 7 orang GTK MAN Rejang Lebong (RL) mengikuti Diklat Media Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Diklat yang dilaksanakan  di Kampus MAN RL ini dibuka langsung oleh Ka. Kemenag RL Drs.H.M.Ch.Naseh, M.Ed. Diklat yang diselenggarakan oleh Kemenag Kabupaten RL ini dilaksanakan mulai tanggal 20 sampai dengan 24 februari 2017.

Peningkatan kualitas pelatihan menjadi tugas dan tanggung jawab tutor/widyaiswara, karena merekalah yang akan langsung membina para peserta di tempat atau lembaga-lembaga pelatihan melalui proses belajar mengajar. Belajar mengajar sebagai suatu proses merupakan system yang tidak terlepas dari komponen-komponen lain yang saling berinteraksi di dalamnya. Komponen-komponen tersebut yaitu Tujuan, Materi, KBM, Alat atau Media dan Evaluasi.

Proses perencanaan pengajaran diawali dengan perumusan tujuan instruksional khusus sebagai pengembangan dari tujuan instruksional umum. Kemudian dilanjutkan dengan menentukan materi yang dapat menunjang terhadap pencapaian tujuan, serta selanjutnya menentukan strategi atau kegiatan belajar mengajar. Usaha pencapaian ditunjang oleh penggunaan alat bantu pengajaran serta media yang tepat dan sesuai dengan karakteristik komponen penggunaannya. Setelah itu instruktur menentukan sumber dan alat serta melaksanakannya.

Diklat yang mendatangkan Tutor dari badan Diklat Sumatra selatan ini  diikuti oleh setiap Kepala Madrasah dan GTK yang ada di Rejang lebong. GTK yang menjadi  peserta dalah diklat ini  terdiri  dari  berbagai  macam rumpun keilmuan/bidang study yang merupakan utusan dari  masing-masing madrasah yang ada di Rejang Lebong.

Adapun GTK MAN RL yang mengikuti diklat ini  antara lain H. Saidina Ali, M.Pd guru Bahasa Indonesia, H. Fatqul Hadi, M.Pd.I Guru Bahasa Arab, Martina, S.Pd.I Guru BK, Mufidatul Chairi, M.Pd.I Guru Fiqih, Azmi Helia, M.Pd Guru Matematika, Marlina, S.Pd guru Fisika dan Drs. Abdul Munir, M.Pd Guru Matematika (Ka. MAN RL). Dengan mengikuti diklat ini kedepan diharapakan bisa menjadi penyegaran kembali bagi GTK yang mengikuti diklat dan bisa membagikan ilmu dan pengetahuan baru kepada seluruh GTK di yang ada dilingkungan Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong, untuk mewujudkan Madrasah lebih baik, lebih baik madrasah.

"Saya berharap kita yang mengikuti Diklat ini  bisa mngikuti  dengan baik dan seksama, ini merupakan momen yang baik bagi kita untuk kembali belajar dan mendapatkan informasi baru, saya harap kita yang mengikuti dapat mengambil hal baik dan menyebarkannya kepada rekan GTK yang belum bisa mengikuti  diklat ini" Harap Drs. Abdul Munir, M.Pd kepada peserta Diklat MAN RL saat memberikan surat tugasnya. (Humas MAN RL)

Redaktur : H. Rolly G

Bagikan :