Integrasikan Data Kependudukan, Kemenag Kaur Rakor bersama Dinas DUKCAPIL

Integrasikan Data Kependudukan, Kemenag Kaur Rakor bersama Dinas DUKCAPIL

Bengkulu (Informasi dan humas), Dalam rangka untuk memperluas jangkauan manfaat data kependudukan melalui KTP Elektronik sekaligus dalam upaya menyamakan database antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan database Kantor Kementerian Agama, pada selasa (14/2) diadakan pertemuan antara Kepala Kemenag Kaur H. Arsan Suryani, MHI bersama Kepala Dinas Dukcapil Ir. Buyung Wiyadi dan Kabag Kesra Robi Antomi, SPI di ruang kerja Kepala Dinas Dukcapil.

Kepala Dinas Dukcapil Ir. By Wiyadi menjelaskan pertemuan tersebut merupakan inisiasi antara Kemenag Kaur dan Dukcapil, diharapkan dengan kerjasama yang akan dijalin nantinya tidak ada perbedaan data identitas penduduk antara DUKCAPIL dan Kantor Kemenag Kaur. Hal itu dilakukan dalam rangka perencanaan pembangunan dan pelayanan publik ke depan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kaur H. Arsan Suryani, MHI mengatakan, melalui kerjasama dengan Dinas Dukcapil  ini maka verifikasi data keumatan seperti peristiwa nikah dan pelayanan haji akan lebih mudah dilakukan. Selain itu, dengan database kependudukan berbasis NIK ini maka duplikasi data atau data ganda akan berkurang.

"Jadi dalam pengurusan apapun serta dimanapun datanya akan sama dan lebih valid," ujar H. Arsan.

Arsan menambahkan melalui Sistem Informasi Berbasis Komputer ( SIBK ) secara online di 15 Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan se Kabupaten Kaur yang akan disinkronkan dengan server yang ada di Dukcapil, sehingga nanti setiap ada perubahan data penduduk akan si kirim ke server Dinas dukcapil berupa perubahan dalam status pernikahan. (Puji)

Redaktur : H. Rolly Gunawan

Bagikan :