Kasi PHU Kemenag Benteng Ikuti Sosialisasi Vaksin Kesehatan Haji

Kasi PHU Kemenag Benteng Ikuti Sosialisasi Vaksin Kesehatan Haji

Bengkulu (Informasi dan Humas) 6/2- Sebagai upaya untuk memberikan informasi kepada jemaah calon haji dan umrah tentang pentingnya Vaksinasi Meningitis, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Provinsi Bengkulu  menggelarSosialisasi Vaksinasi Meningitis Meningokokus bagi Penyelenggara Haji dan Umrah dan Petugas Haji, Senin, (01/02/2017).

    Dengan telah diTerbitkannya Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15 Tahun 2016 tentang istithaah kesehatan Jemaah haji, maka sangat diperlukannya sosialisasi ini, mengingat ada beberap kriteria CJH yang yang ditetapkan tidak memenuhi syarat istithaah kesehatan haji, merupakan jemaah haji dengan kriteria kondisi klinis yang dapat mengancam jiwa.

    Hj.Nurleila Selaku Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Benteng  mengatakan vaksinasiMeningitis Meningokokus merupakan salah satu kebijakan pemerintah pusat untuk melindungi jemaah calon haji dan umrah dari penyakit yang dapat berakibat fatal.

    "Saat ini vaksinasi Meningitis Meningokokus sudah dinyatakan halal dan sudah menjadi fatwa MUI, olehnya itu diharapkan masyarakat tidak ragu lagi tentang suntikan tersebut terkait dengan adanya perdebatan mengenai hal ini," ujar Hj.Nurliela.

    Ditempat yang sama, Kepala KKP Kendari mengungkapkan KKP Provinsi Bengkulu berupaya untukmemudahkan kualitas pelayanan publik terkait vaksinasiMeningitis Meningokokus. salah satunya,KKP  membuka dan memberikan pelayanan pendaftaran vaksinasi secara online.

    "Jemaah Haji dan umrah melakukan pendaftaran secara online, mengatur waktu dan janji untuk melakukanvaksinasi. Kami juga memberikan keleluasaan bagi Penyelenggara Haji dan Umrah untuk mendaftarkan jemaahnya secara online dan bisa melakukan vaksinasi di seluruh kantor Kesehatan pelabuhan yang adadi Indonesia," terangnya.

    Vaksinasi meningitis merupakan salah satu persyaratan wajib yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi untuk mendapatkan visa haji atau umrah. Dikarenakan Arab Saudi merupakan salah satu tempat endemic bagi penyebaran virus penyebab penyakit meningitis. Olehnya itu sangatlah penting bagi jemaah untuk melakukan vaksinasi meningitis sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji atau umrah.tambahnya.(Bobi)

Redaktur : H.Rolly Gunawan

Bagikan :