Ka. Kemenag Lebong Gelar Sosialisasi BOS dan PIP

Bengkulu (Informasi dan Humas), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Drs. H. Tasri MA melalui Kasi Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Kabupaten  Lebong Abdul Malik S. Ag menggelar sosialisasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Program Indonesia Pintar (PIP) di ruang rapat Kantor Kemenag Lebong pada hari Kamis (26/01)

Sosialisasi BOS dan PIP diikuti oleh seluruh kepala Madrasah Swasta se Kabupaten Lebong. Dalam arahanannya Kasi Pendis Kemenag Lebong Abdul Mailik S. Ag mengatakan BOS dan PIP adalah program prioritas pemerintah yang bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan yang bermutu dan meminimalisir adanya peserta didik yang drop out.

Selain itu program BOS dan PIP juga diharapkan untuk meningkatkan partisipasi pendidikan dasar dan menengah, menurunnya kesenjangan partisipasi pendidikan antara kota dan pedesaan.

hal ini berdasarkan amanat UU no 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional dan pasal 34 ayat 2 dan 3. Oleh karena itu secara otomatis sekolah madrasah wajib memberikan pelayanan pendidikan bagi seluruh peserta didik di MI, MTs, MA

“Setiap warga Negara yang berusia 7 sampai 15 tahun wajib mengikuti pendidikan dasar. Pemerintah daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidkan dasar tanpa memungut biaya” jelas Malik

Selain itu ia juga mengatakan dalam perkembangannya BOS dan BSM sekarang diubah dengan PIP mengalami peningkatan baik dalam nominal, kuota atau proses pencairannya, hal ini merupakan bukti nyata bahwa kementerian Agama sungguh sungguh dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan. dengan demikian agar BOS dan PIP barjalan dengan lancar dan mendapat kepercayaan dari masyarakat maka pengelolanya harus profesional transparan dan akuntabel terutama pengelola pada madrasah sehingga membawa dampak positif bagi perkembangan dan kemajuan madrasah. (Bibin)

Redaktur : H. Rolly Gunawan

Bagikan :