Kemenag Benteng Adakan Pembinaan SDM Kemasjidan

Kemenag Benteng Adakan Pembinaan SDM Kemasjidan

Bengkulu (Informasi dan Humas) 27/1- Dalam upaya meningkatkan kwalitas pelakanaan tugas  ta’mir masjid kantor Kemenag Kabupaten Bengkulu Tengah mealuli Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (selasa/24/1) mengadakan Pembinaan Peninkatan Sumberdya manusia Kemsjidan, bertempat Aula Marobah Bengkulu Tengah.

    Penyelenggaraan pembinaan penigkatan SDM Kemasjidanyang meliputi pembinaan idarah ( pengorganisasian), imarah (kemakmuran)  dan riayah (pemeliharaan), yang diikuti sejumlah  peserta yang trdiri dari ta’mir masjid  besar dan jami’ se Kab. Bengkulu Tengah.  

    Sebagai nara sumber yang pertama Drs.H.  Ajamalus,MH membahas secara jelas bagaimana cara meningkatkan SDM pengurus ta’mir Masjid,karena kualitas dari pegurus masjid sangat berpengarus terhadap kemakmuran suatu masjid, jadi perlu ada pembinaan-pembinaan rutin untuk para pengurus masjid terutama para Imam masjid dan pengurusnya.ujar Ajamalus.

    Kasi Bimas Islam dalam laporannyamenyampaikan maksud diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengelolaan masjid dalam kegiatan ibadah, baik ibadah mahdhah atau ghoiru mahdha. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari pembinaan ini adalah : 1) Peningkatan SDM pengurus ta’mir masjid, 2) penignkatan kegiatan dalam pengelolaan kemasjidan

    Sedangkan Kepala Kemenag Kab Bengkulu Tengah dalam  membuka acara ini menyampaikan masjid bukan hanya merupakan tempat ibadah akan tetapi juga tmpat pembinaan umat islam,  sarana berkumpulnya para jama’ah, menuntutt ilmu, bertukar pengalaman,  pusat da/wah dan kegiatan lain sebagainya maka harus menjadi perhatian bersama dalam arti harus dipelihara dan dikelolah dengan sebaik baiknya.

    Dalam upaya memakmurkan masjid  diperlukan pengelolaan yang mampu untuk melakukan berbagai aspek, harus ada  manajemen yang profesional. Untuk memakmurkan masjid memerlukan biaya yang tidak sedikit, pengurus masjid  harus bisa menggali dana untuk operasional masjid, pengumpulan dana harus dilakukan dengan  cara yang baik,agar para masyarakat/ jamaah mau menyumbang hartanya dengan penuh keikhlasan dan kesadaran, lebih lanjut beliau menyampaikan dalam kepengurusan masjid hendaklah memaksimalkan di bidangnya masing masing, insyaallah masjid yang dikelolahbisa makmur pungkasnya.

Penulis : Bobi **
Redaktur: H.Rolly Gunawan

Bagikan :