Anggota Pramuka MIM 10 RL Latihan Pertama Setelah Libur

Anggota Pramuka MIM 10 RL Latihan Pertama Setelah Libur

Bengkulu (Informasi dan Humas) 23/1- Anggota Pramuka MIM 10 Karang Anyar Kembali mengadakan latihan rutin Mingguan setiap hari  Jum’at dan hari Sabtu.Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberi motivasi dan semangat serta untuk meningkatkan tingakat penguasaan Materi Pelajaran yang telah didapati selama latihan pada semester I yang lalu kepada anggota Pramuka MIM 10 Karang Anyar,seperti materi tentang PBB,tentang perkembangan Organisasi Pramuka di Indonesia,lagu-lagu Pramuka,yel-yel Pramuka,arti dari lambang Pramuka,Kata Sandi,Morse,tali-temali dan lain-lain.Sebagai guru Pembina Pramuka pada hari ini adalah Ayahanda Jumadi,S.Pd.I.Kegiatan dilaksanakan di dalam kelas dan dilapangan.

    Namun pada hari ini mempelajari tentang perkembangan organisasi Pramuka di Indonesia sejak zaman Presiden Ir.Sukarno,bahwa Pramuka dianugrakan sebagai Panji Gerakan Pendidikan Kepanduan Nasional  di Indonesia melalui Kepres RI No .448 tahun 1961.Pramuka kepanjangan dari Praja Muda Karana yang berarti” rakyat muda  yang selalu bekarya,serta mempelajari tentang makna dari lambang Pramuka yakni Tunas Kelapa  sebagai berikut :

  1. Buah Nyiur dalam keadaan tumbuh ditanamkan cikal bakal di Indonesia berarti penduduk asli yang pertama,yang menurunkan generasi baru.Hal ini berarti bahwa tiap Pramuka merupakan inti bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia.
  2. Buah Nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan yang bagaimanapun juga,ini berarti Pramuka adalah seorang yang secara rohani dan jasmani sehat,kuat dan ulet serta besar tekatnya dalam menhadapi tantangan dalam kehidupan.
  3. Nyiur dapat tumbuh di mana saja,yang membuktikan besarnya daya upayanya dalam menyesuaikan drinya dengan keadaan disekelilingnya,berarti Pramuka dapat menyesuaikan diri di dalam masyarakat dimana ia berada.

Demikian materi yang disampaikan oleh ayahanda Jumadi,S.Pd.I.Dengan harapan kegiatan Pramuka pada hari ini dapat menambah pengetahuan serta semangat kepada anggota Pramuka MIM 10 Karang Anyar Curup Rejang Lebong.

Penulis : Jumadi,S.Pd.I **
Redaktur: H.Rolly Gunawan

Bagikan :