Staf Haji Kemenag Benteng Ajarkan Cara Mengetahui Estimasi Keberangkatan Haji

Staf Haji Kemenag Benteng Ajarkan Cara Mengetahui Estimasi Keberangkatan Haji

Bengkulu (Informasi dan Humas) 12/1- Kalau sudah mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji, sangat penting untuk mengetahui nomor porsi haji. Nomor tersebut merupakan identitas calon haji. Sebagai legalitas dan termasuk di dalam daftar tunggu haji  Sehingga prediksi keberangkatan ke Tanah Suci, lebih mudah diketahui. Persiapan pun bisa dilakukan dengan lebih matang.

    Demikian dijelaskan oleh Fitria,S.Th.I selaku staf pada seksi PHU Kemenag Benteng kepada setiap Calon Jama’ah Haji yang mendaftar, Meskipun informasi tersebut  sangat penting, tidak sedikit calon jamaah haji yang belum mengetahuinya. Saat ini daftar tunggu haji sangat panjang, mencapai belasan tahun. Hal ini terjadi hampir di seluruh daerah. Jadi sangat disarankan untuk segera mendaftarkan diri selagi muda. Sehingga bisa berangkat haji, sebelum masa lansia. Mengingat ibadah ini membutuhkan fisik yang prima. Ungkap Fitria.

    Nomor porsi jemaah haji ini semacam nomor antrian atau pendaftaran. Jamaah bisa memperolehnya, setelah melunasi setoran awal pada bank tertentu. Nomor porsi calon haji diterbitkan oleh Kementrian Agama. Perlu diketahui, kalau nomor tersebut tidak dapat dialihkan untuk orang lain. Jadi hanya berlaku bagi calon haji bersangkutan.

    Nomor antrian keberangkatan haji tersebut, biasanya tercantum pada dokumen setoran awal. Bank penerima setoran haji akan memberi tahu mengenai nomor haji tersebut, yang jumlahnya 10 digit angka. Wajib dipahami, nomor tersebut bukan nomor Surat Pendaftaran Pergi Haji atau SPPH, yang didapatkan ketika pertama kali melakukan pendaftaran di kantor Kementrian Agama tingkat kota atau kabupaten.Jelas Fitria.

    Pengecekan nomor porsi haji sangat mudah dan cepat. Anda bisa mengaksesnya secara online. Kalau estimasi keberangkatan sudah diketahui, ini akan memudahkan persiapan pelunasan pembayaran lainnya, seperti Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Calon jamaah haji, juga bisa lebih fokus untuk memikirkan ilmu berhaji, manasik, dan berbagai persiapan lainnya.

    Pengecekan online bisa dilakukan dengan mengunjungi situs resmi Depag bidang haji. Anda bisa mengakses haji.kemenag.go.id. Melalui websitenya ini, bisa diketahui tahun keberangkatan haji Anda. Caranya dengan melakukan pengisian nomor porsi dan tanggal lahir. Kalau belum mengetahui nomor tersebut, Anda bisa menanyakannya di tempat pendaftaran haji. Kalau Anda berangkat melalui agen perjalanan ibadah haji, mereka akan membantu Anda untuk pengecekannya.Tambah Fitria.

Penulis : Bobi **
Redaktur: H.Rolly Gunawan

Bagikan :