UKS MTsN 02 Lebong Terus Lakuan Pembenahan

UKS MTsN 02 Lebong Terus Lakuan Pembenahan

Bengkulu (Informasi dan Humas) 1/12- UKS atau lebih dikenal dengan unit kesehatan sekolah, merupakan usaha  yang dilakukan sekolah  untuk menolong para siswa bahkan warga sekolah yang mengalami sakit dilingkungan sekolah.UKS di MTsN 02 Lebong, selalu difungsikan demi mewujudkan cita-cita agar para siswa dapat meningkatkan kemampuan hidup yang sehat dan membiasakan hidup sehat.Selain daripada itu dengan melibatkan siswa atau anggota OSIS  di  UKS sekolah para siswa secara tidak langsung mendapat pengetahuan dan keterampilan bagaimana prinsip dan perilaku hidup sehat.

    UKS di MTsN 02 Lebong masih  sangat sederhana, tetapi hal tersebut bukanlah masalah sebab UKS di sekolah tersebut masih tetap difungsikan oleh para siswa terutama anggota OSIS demi mengantisifasi dan menagani jika ada siswa yang sakit. jika terdapat siswa yang sakit, maka dewan guru selalu mendampingi anggota OSIS untuk menangani dan mengobatinya.Dewan guru yang bertugas sebagai koordinator UKS adalah ibu Defi sulastri, S.Pd. dan ibu Fitri Wulandari, S.si. “Dengan difungsikannya UKS maka para siswa mendapatkan layanan kesehatan. Kami selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk sekolah, mudah-mudahan UKS yang ada di MTsN 02 Lebong lebih baik dan lebih lengkap peralatannya”. Ungkap ibu Defi sulastri, S.Pd.

    Dalam menangani siswa yang sakit hal yang dilakukan pertama kali adalah membawa siswa ke ruangan UKS. Apabila sakit yang diderita oleh siswa sudah tidak dapat ditangani maka siswa tersebut di bawa ke puskesmas terdekat dalam hal ini pihak kesehatan. Semenjak difungsikannya UKS dari tahun 2015 belum pernah ditemukan siswa yang mengalami sakit yang tidak dapat ditangani oleh pihak sekolah. Semua siswa yang sakit dapat ditangani oleh pihak sekolah. Biasanya siswa yang ditangani mengalami sakit  seperti: sakit gigi, luka ringan,pusing dan bahkan ada yang pingsan.

    Jumlah anggota OSIS yang piket setiap hari berjumlah 2 orang dan didampingi oleh 1 dewan guru. Anggota OSIS secara bergiliran melaksanakan piket di ruangan UKS untuk membantu dewan guru menangani siswa yang sakit. Adapun tugas anggota OSIS pada saaat piket di ruangan UKS adalah membersihkan ruangan dan membantu para dewan guru menangani siswa yang sakit . sejauh ini pihak sekolah selalu berkonsultasi dengan pihak kesehatan dalam hal penanganan siswa yang sakit. Tujuan dari konsultasi tersebut untuk mendapatkan pemahaman dan langkah yang harus dilakukan jika terdapat siswa yang sakit.

    Adapun ruangan yang dijadikan UKS berukuran 4x3 M dengan peralatan yang seadanya berupa satu buah tempat tidur, timbangan berat badan, alat ukur tinggi badan dan obat-obatan. “semoga dengan adanya UKS di MTsN 02 Lebong. Walaupun UKS yang ada di MTsN 02 Lebong belum sesuai dengan kriteria yang diinginkan, yang jelas hal inilah yang dapat kami lakukan saat ini. Kita berharap adanya kerjasama dengan pihak kesehatan terdekat agar UKS yang ada di MTsN 02 Lebong sesuai dengan apa yang diharapkan”. Ungkap Ibu Defi Sulastri, S.Pd. selaku koordinator UKS

Penulis : FHDI **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :