Jaga Kebersihan, MTsN Kota Donok Lebong Susun Jadwal Piket

Jaga Kebersihan, MTsN Kota Donok Lebong Susun Jadwal Piket

Bengkulu (Informasi dan Humas) 29/11- Memerhatikan kebersihan adalah ajaran agama Islam yang harus kita implementasikan terutama di lingkungan sekolah. Sekolah yang indah dan bersih adalah idaman setiap sekolah. MTsN 02 Lebong berusaha meningkatkan dan lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan disiplin piket yang diterapkan kepada keluarga besar MTsN 02 Lebong dari tenaaga pendiidk dan kependidikan dan para siswa MTsN 02 Lebong.

Kebersihan sekolah merupakan salah satu hal yang harus tetap dijaga. Dengan terus memerhatikan kebersihan sekolah , sekolah akan terasa nyaman dan sedap dipandang. Di  MTsN 02 Lebong kegiatan tersebut terus dipantau dan dikoordinir oleh para dewan guru dalam bentuk mengontrol piket. Hal tersebut bertujuan agar siswa  yang piket  dapat menyelesaikan tugas  mereka dengan teratur. Selain itu, manfaat adanya kontrol dari dewan guru lokasi – lokasi yang akan dibersihkan tepat dengan sasaran.

Mengontrol siswa pada saat piket dilakukan setiap hari di MTsN 02 Lebong sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Dalam menjalankan tugas tersebut para dewan guru tidak saja bertanggung jawab terhadap keadaan kebersihan semata, tetapi mencakup juga kegiatan pembelajaran pa hari itu sampai jam berakhir. Saat ditanya dengan salah satu guru MTsN 02 Lebong yakni Bapak Sahnobi, S.Pd.I.

Beliau menuturkan, “ tugas guru piket  di MTsN 02 Lebong yakni, datang lebih cepat dan pulang paling akhir, selain tugaas tersebut hal lain yamg dilakukan adalah mengkordinir tentang jalannya KBM fi sekolah. Dalam melaksanakan piket jika ada guru yang tidak masuk kita harus siap mengontrol kelas tersebut, seperti memberi tugas dan sebagaimya”.

Kepada guru piket biasanya  pihak sekolah memberi kebijakan berupa pengurang jam mengajar pada hari itu, mengingat banyaknya tugas yang harus dijalani oleh guru piket. Guru yang bertugas piket pada hari itu hanya dibebankan 2 jam pelajaran saja. Jumlah guru yaang piket setiap hari sekira 3 orang dan mereka harus siap mengontrol piket pada hari itu. Disisi lain untuk pembagian tugas kepada siswa yang piket antara lain : piket labor, piket halaman sekolah, piket halaman gerbang, piket di uks,  pkiket diperpustakaan, piket di mushalla dan kelas masing-masing.

Pada saat mengontrol para siswa piket, para dewan guru juga ikut andil  seperti ikut menyapu halaman dan membuang sampah. Hal tersebut dilakukan demi semangat kebersamaan kepada siswa dalam hal mencintai dan menumbuhkan rasa memiliki sekolah. Selain daripada itu hal tersebut dilakukan oleh guru piket demi memberikan contoh yang patut diteladani  oleh para siswa.

Kepala Sekolah MTsN 02 Lebong yakni , Drs. Yan Rodi, S.Pd.I. amat peduli terhadap kebersihan lingkungan MTsN 02 Lebong. Hal tersebut terlihat dari ikut andilnya beliau mengontrol para siswa saat piket. Bahkan beliaupun ikut serta piket  setiap hari Jumat.

“Kami selalu berusaha menjaga kebersihan sekolah agar terciptanya susana yang indah, selain daipada itu para siswa juga akan nyaman dalam belajar . harapan kami ke depan kami dapat bekerja lebih maksimal lagi demi mewujudkan MTs yang bersih dan rapi.” ungkap Kepala Sekolah MTsN 02 Lebong yakni Drs. Yan rodi, S.Pd.I.

Penulis : Hadi **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :