"Ikhlas" Kunci Pelayanan Prima Kua Selupu Rejang

Bengkulu (Informasi dan Humas) 14/11- Untuk mewujudkan moto KUA Selupu Rejang  "IKHLAS ADALAH PELAYANAN KAMI". (IKHLAS: Intelektual, Kredibel, Humanis, Legal, Akuntabilitas, Sistematis) untuk itu mahasiswa magang STAIN Curup dibawah bimbingan DPL Dr. Yusefri, M.ag diberikan contoh mengenai pelayanan prima oleh kepala KUA Selupu Rejang MINTARNO, S.H.I, M.H.I.

Kepala KUA Selupu Rejang memberi arahan kepada mahasiswa peserta magang kepenghuluan agar memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat yakni dengan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun).

Menurutnya, dengan diterapkannya sistem 5S diawal suatu pelayanan maka akan berdampak positif baik bagi instansi yang bersangkutan yakni KUA Selupu Rejang maupun masyarakat yang akan berurusan, baik masalah pernikahan maupun masalah agama lainnya. Dan sistem ini akan selalu diterapkan di KUA Selupu Rejang supaya tetap menjadi KUA yang nyaman untuk berkonsultasi masalah pernikahan dan masalah agama lainnya bagi masyarakat.

Dengan moto IKHLAS  tersebut kedua mahasiswa yakni Anindia Paradita dan Eliza Hariani mempraktekkan langsung mengenai tata cara berurusan di kantor KUA Selupu Rejang seperti, mengisi buku tamu, mengarahkan tamu, menanyai keperluan tamu, menyelesaikan keperluan tamu dengan berpedoman pada SOP (standar operasional prosedur) yang ada di KUA Selupu Rejang.

Pelayanan prima yang diterapkan KUA Selupu Rejang terhadap masyarakat, melalui berbagai bentuk pelayanan sesuai dengan SOP, pelayanan yang dilakukan oleh instansi ini adalah masalah pendaftaran nikah, pencatatan nikah, pengawasan nikah/akad nikah, penerbitan kutipan akta nikah, pelayanan rekomendasi nikah, rujuk, pengurusan akta nikah dan wakaf dan lainnya.

Menurut KUA Selupu Rejang dalam mewujudkan layanan prima perlu adanya bimbingan dan kerjasama dalam berbagai pihak yang ada di KUA Selupu Rejang.

Penulis : Anindia **
Redaktur: H.Nopian Gustari  

Bagikan :