Ka.KUA Selupu Rejang : Pembinaan Pra Nikah Untuk Ciptakan RT Sakinah

Ka.KUA Selupu Rejang : Pembinaan Pra Nikah Untuk Ciptakan RT Sakinah

Bengkulu (Informasi dan Humas) 14/11-  Sebanyak 3 pasang Catin (Calon Pengantin) yang berasal dari berbagai Desa di Kecamatan Selupu Rejang mengikuti pembinaan Catin yang di laksanakan di Kantor Urusan Agama (KUA) Sulupu Rejang, pada hari Selasa 08/11/2016 kemarin.

Ke-3 pasangan tersebut telah terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan pemeriksaan berkas sebagai persyaratan untuk melaksanakan pernikahan sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku.

Kegitan pembinaan yang di lakukan kemarin pagi tersebut di sambut antusias oleh para catin yang sudah menunggu di ruangan Aula KUA tersebut untuk mendengar dan memahami materi yang akan di sampaikan kepada mereka untuk di terapkan dalam membina mahligai rumah tangga mereka nanti.

Kepala KUA Selupu Rejang, Mintarno SHI, MHI. menyatakan bahwa pembinaan ini di wajibkan bagi seluruh catin sebelum melangsungkan proses Akad Nikah. Dalam hal ini bukan untuk mempersulit catin yang ingin melangsungkan Akad Nikah, akan tetapi pembinaan ini menjadi motivasi serta menambahkan wawasan pengetahuan catin agar kuat dan siap Lahir Batin demi membina Keluarga yang Sakinah Mawadah Warrohmah menurut ajaran Islam.

Setelah mengikuti semua materi pembinaan, para catin akan menerima Piagam Pra Nikah sebagai Rekomendasi layak melangsungkan proses Akad Nikah dan mencatatkan pernikahannya di Kantor Urusan Agama.

"Melalui program ini pasangan catin lebih matang dalam mengayuh biduk rumah tangga sesuai dengan tuntutan Agama secara Lahir dan Batin. Dengan demikian hal tersebut lebih meminimalisir angka perceraian yang bisa-bisa saja menghantui para catin sesusai menikah kelak" ujar Mintarno.

Selama saya Magang di KUA Selupu Rejang pembinaan catin kali ini merupakan yang ketiga yang di gelar pada Bulan ini dan pembinaan catin ini di laksanakan 1 kali sekali dalam seminggu. Kemudian hal ini sangat di apresiasikan oleh kami sendiri sebagai Mahasiswa Magang STAIN Curup untuk bahan belajar dan bekal ilmu untuk kami terapkan dan praktekkan di Masyarakat kelak, amin yarobbal allamin.

Penulis : Faizal Munandar **
Redaktur: H.Nopian Gustari  

Bagikan :