Ka.KUA Selupu Rejang Bekali Mahasiswa STAIN Curup

Ka.KUA Selupu Rejang Bekali Mahasiswa STAIN Curup

Bengkulu (Informasi dan Humas) 14/11-  Bertempat di aula jurusan Syariah STAIN Curup, kepala KUA Selupu Rejang Mintarno, SHI, MHI. Beberapa waktu lalu memberikan materi pembekalan kepada mahasiswa jurusan Syariah prodi Al Ahwal Al Syakhsyiah yang akan melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di KUA.

Dengan materi yang berjudul "Penerapan UU nomor 1 tahun 1974 dan KHI dalam pencatatan nikah Di Indonesia" kepala KUA menyampaikan 6 azas yang terdapat dalam UU perkawinan dan komparasi antara undang-undang dengan Kompilasi Hukum Islam (KHI).

Dihadapan puluhan mahasiswa Mintarno menjelaskan UU perkawinan dan praktek penerapannya sudah sangat baik di Indonesia, bahkan banyak pihak yang masih memiliki kepentingan terhadap UU tersebut dan berupaya untuk mengujinya di Mahkamah Konstitusi.

"Ada beberapa pasal yang sudah dicoba untuk diubah oleh beberapa kelompok masyarakat di MK, diantaranya pasal satu tentang tujuan perkawinan yang berkaitan dengan jenis kelamin dan dasar perkawinan" urai Mintarno.

Kepala KUA juga menjelaskan peran KUA sebagai pelayan Pencatatan Nikah bagi umat Islam sangat terbantu dengan adanya Kompilasi Hukum Islam.

Penulis : Humas KUA **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :