Siswa MIM 10 Karang Anyar Curup RL Biasakan Jaga Kebersihan

Siswa MIM 10 Karang Anyar Curup RL Biasakan Jaga Kebersihan

Bengkulu (Informasi dan Humas) 21/10- Sebelum pelaksanaan Senam santri  seluruh siswa MIM 10 Karang Anyar Curup Rejang Lebong berbaris di lapangan guna menerima materi dari Ibu Yurniati,S.Pd.I didampingi oleh ibu Repi Paladipa,S.Pd.I selaku guru piket pada hari ini Jum’at,21 Oktober 2016 sekitar pukul 07.30 Wib sampai dengan pukul 07.30 Wib dengan materi membiasakan menjaga kebersihan.

Dalam kegiatan tersebut Ibu Yurniati,S.Pd.I menyampaikan kepada  seluruh siswa MIM 10 Karang Anyar betapa pentingnya menjaga kebersihan teruma kebersihan lingkungan baik di sekolah maupun di rumah,menurut Ibu Yurniati,S.Pd.I kalau sekolah kita bagus dan bersih yang lebih nyamannya kita sendiri bukan orang  lain,begitu pula sebaliknya jika di rumah atau lingkungan kita bersih bebas dari sampah dan kotoran tentunya kita yang tinggal di rumah itulah yang merasa nyaman dan betah,begitu pula kalau lingkungan kita kotor atau jorok tentunya kita tiadak akan betah tinggal di lingkungan tersebut.

Oleh sebab itu menurut Ibu Yuniarti,S.Pd.I ketika menyampaikan materi membiasakan menjaga kebersihan lingkungan pagi tadi lebih menegaskan secara detilnya kepada siswa MIM 10 Karang Anyar Curup Rejang Lebong.

Kebersihan  lingkungan merupakan keadaan bebas dari kotoran,termasuk di dalamnya debu,sampah,dan bau.jika kita tinjau secara umum di Indonesia,masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang apalagi seperti di Wilayah-wilayah perkotaan seperti Kota Jakarta hampir setiap waktu dan setiap tahun terjadi banjir dan tersumbatnya sungai-sungai akibat membuang sampah sembarangan.

Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat sehingga membuat resah sebagian masyarakat akibat dari ulah dan perbuatan manusia itu sendiri yang tidak menjaga dan memperhatikan lingkungannya,makanya sampah jangan dibuang di sungai tetapi dibakar atau di buang khusus di tempat pembuangan sampah.  

Kita juga harus tahu tentang manfaat menjaga kebersihan lingkungan,karena menjaga kebersihan lingkungan sangatlah berguna untuk kita semua karena dapat menciptakan kehidupan yang aman,bersih,sejuk dan sehat.

Adapun manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain, Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat, Lingkungan menjadi lebih sejuk, Bebas dari polusi udara dan pencemaran air sungai, Air menjadi lebih bersih dan aman untuk diminum serta Lebih tenang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Masih banyak lagi manfaat menjaga kebersihan lingkungan,maka dari itu kita harus menyadari akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan mulai dari rumah kita sendiri,misalnya rajin menyapu halaman sekolah dan halaman rumah,membersihkan selokan rumah kita,membuang sampah pada tempatnya dan lain sebagainya.

Adapun tujuan dari kegiata ini menurut Ibu Yuniarti,S.Pd.I memberikan pengetahuan kepad siswa MIM 10 Karang Anyar Curup Rejang Lebong supaya dapat menyadari betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan itu baik di sekolah,di rumah maupun dimana saja kita berada.

Dengan harapan setelah diberikan pengetahuan tentang membiasakan menjaga kebersihan lingkungan ini siswa-siswi MIM 10 Karang anyar dapat mengubah prilakunya yang selama ini masih sering membuang sampah sebarangan tempat,mudah-mudahan dengan hal ini mereka dapat menyadari betapa pentingnya lingkungan sehat dengan membuang sampah pada tempatnya

Penulis : Jumadi,S.Pd.I **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :