H.Bustasar: Peran Lembaga Agama Harus Diperkuat

H.Bustasar: Peran Lembaga Agama Harus Diperkuat

Bengkulu (Informasi dan Humas) 15/9- Sebagai bangsa yang majemuk, dengan keberagaman budaya, suku, bahasa dan agama yang ada di Indonesia, pemerintah perlu terus memperkuat peran lembaga agama dalam Masyarakat.

"Lembaga agama selain sebagai wadah umat beragama juga mempunyai peran penting dalam mendamaikan perselisihan serta memberikan nasehat bagi masyarakat yang terindikasi melakkan penyimpangan," ungkapnya saat memberikan sambutan dalam pembukaan acara Rapat Koordinasi lintas lembaga keagamaan Provinsi Bengkulu, Rabu (14/9).

Dihadapan 35 tokoh Lembaga keagamaan di Provinsi Bengkulu, Bustasar menegaskan, Indonesia memiliki potensi konflik yang sangat besar sehingga tidak bisa dipungkiri lembaga agama harus menjadi peredam timbulnya konflik. " Perlu ada penguatan lembaga agama sebagai bentuk preventif munculnya konflik," tuturnya.

Untuk itu, ia berharap dengan adanya rakor, para tokoh lembaga agama dapat merumuskan kebijakan dan langkah-langkah konkrit antar lembaga keagamaan untuk menekan berbagai persoalan yang dapat menimbulkan konflik.

"Dengan rakoor, saya berharap para tokoh lembaga keagamaan lebih terlatih untuk peka memahami persoalan kerukunan umat beragama," tutupnya.

Rapat koordinasi lintas lembaga keagamaan yang diselenggarakan oleh Subbag Hukum dan KUB Kanwil Kemenag Bengkulu dijadwalkan akan berlangsung selama tiga hari dengan menghadirkan narasumber profesional seperti ketua FKUB, Ketua MUI dan Kepala Kesbangpol Provinsi Bengkulu.

Penulis : jj **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :