Siswa/i MAN 2 Lebong Ikuti Screening Kesehatan

 Siswa/i MAN 2 Lebong Ikuti Screening Kesehatan

Bengkulu (Informasi dan Humas) 9/9- MAN 2 Lebong mengadakan Pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)  yang dilaksanakan melalui tiga program pokok yang biasa dikenal sebagai trias UKS yang meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat.

Pelayanan kesehatan yang dimaksud meliputi Screening Kesehatan Anak Sekolah atau dikenal sebagai penjaringan kesehatan, pemantauan kesehatan serta penyuluhan kesehatan.

Kepala MAN 2 Lebong, Aji Agus Salim, M.Pd pada kesempatan ini menyampaikan “ penjaringan kesehatan merupakan salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi secara dini peserta didik yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Penjaringan kesehatan ini dilakukan pada peserta didik kelas X di MAN 2 Lebong yang meliputi pemeriksaan kebersihan perorangan, pemeriksaan status gizi, pemeriksaan ketajaman indera, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan laboratorium, serta pengukuran kebugaran jasmani “, ungkap Aji.

Mas Junaini, Amd. Keb, salah satu tim dari Puskesmas Lebong Utara juga menambahkan “ dalam penjaringan tersebut juga dilakukan deteksi dini kesehatan intelegensia remaja sebagai suatu upaya pemeriksaan awal untuk menemukan secara dini adanya gangguan modalitas belajar yang dapat berpotensi mengakibatkan terjadinya kesulitan belajar pada remaja sehingga dapat segera dilakukan tindakan intervensi dan deteksi dini masalah kesehatan mental remaja sebagai  upaya pemeriksaan awal untuk menemukan secara dini adanya masalah kesehatan mental pada remaja “, demikian tandas beliau.

Pelaksanaan penjaringan kesehatan di MAN 2 Lebong ini dilaksanakan selama satu hari, tepatnya pada tanggal 8 Agustus 2016. Kegiatan pemeriksaan kesehatan fisik dan penunjang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Lebong Utara yang terdiri dari 3 orang dalam 1 timnya. Mengingat banyaknya jumlah peserta didik yang harus diperiksa maka tenaga kesehatan puskesmas sangat membutuhkan bantuan dari guru UKS dan Kader Kesehatan Sekolah sesuai dengan kapasitas atau kewenangan masing-masing.

Terakhir, Kepala MAN 2 Lebong dan pihak puskesmas Lebong Utara berharap semoga pelaksanaan kegiatan penjaringan kesehatan anak sekolah di MAN 2 Lebong ini dapat berjalan lancar sehingga dapat diperoleh data yang akurat demi kepentingan terbaik bagi seluruh peserta didik di MAN 2 Lebong ini.

Penulis : Widia Ningsih, S.Pd.I **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :