MAN 2 Lebong Galakkan Senam Sehat dan Operasi Sabtu Bersih

 MAN 2 Lebong Galakkan Senam Sehat dan Operasi Sabtu Bersih

Bengkulu (Informasi dan Humas) 5/9- Untuk mengembangkan madrasah yang bermutu dibutuhkan lingkungan dan budaya sekolah yang kondusif, dinamis dan demokratis. Dalam rangka ke arah itu, ada beberapa hal yang dapat dikembangkan terkait dengan lingkungan dan budaya disekolah, diantaranya selain disiplin, MAN 2 Lebong juga menerapkan program Senam Pagi dan Operasi Sabtu Bersih.

Kegiatan Senam Sehat dan gotong royong “operasi sabtu bersih” yang dilaksanakan di lingkungan MAN 2 Lebong ini merupakan wujud dari peduli lingkungan serta berpartisipasi dalam menjaga kesehatan dan kebersihan. Kegiatan ini adalah merupakan salah satu kegiatan pembiasaan yang rutin dilaksanakan mingguan tepatnya pada setiap hari sabtu yang terintegrasi dengan kurikulum PLH (pelestarian lingkungan hidup) MAN 2 Lebong.

Aji Agus Salim, M.Pd selaku Kepala MAN 2 Lebong pada kesempatan ini menyampaikan “ Kegiatan gotong royong ini mencakup membersihan kelas dan perkarangan kelas, membersihkan halaman, membersihkan saluran air yang tersumbat sampah, membersihkan areal sekitar taman, membersihkan seluruh sarana dan pra sarana di lingkungan madrasah. Kegiatan ini berada dibawah bimbingan wali kelas dan guru-guru yag terkait dengan kegiatan ekstrakurikuler.

Selain mempercepat dalam melakukan suatu pekerjaan, tujuan gotong royong juga memiliki banyak manfaat. Manfaat yang dapat diambil dari budaya masyarakat Indonesia ini diantaranya adalah: menumbuhkan rasa solidaritas, menumbuhkan sikap disiplin, sikap kebersamaan, dan tentunya dapat meringankan beban pekerjaan.

Senam Pagi merupakan kegiatan madrasah untuk meningkatkan kesegaran jasmani dan rohani yang dibutuhkan manusia sepanjang hidupnya. Selain itu dengan senam pagi dan kegiatan olah raga lainnya dapat dikembangkan rasa syukur kepada Allah, rasa estetika melalui gerakan senam dan kegemaran berolahraga. Pembudayaan senam pagi/olahraga di sekolah sangat besar pengaruhnya bagi usaha mengolah ragakan masyarakat dan memasyarakatkan olah raga. Dengan berolah raga/senam pagi diharapkan seluruh warga sekolah sehat jasmani dan rohani, sehingga pelaksanaan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawab masing-masing dapat diselesaikan sebagaimana mestinya.

Terakhir Aji menambahkan “ Semoga dengan adanya kegiatan pembiasaan ini akan membawa dampak positif bagi seluruh peserta didik di MAN 2 Lebong ini “, demikian harap Aji.

Penulis : Widia Ningsih, S.Pd.I **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :