MAN 2 Lebong Bangun Karakter Siswa Melalui Sholat Dhuha

MAN 2 Lebong Bangun Karakter Siswa Melalui Sholat Dhuha

Bengkulu (Informasi dan Humas) 5/9- Penguatan pendidikan moral atau pendidikan karakter  dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda di negara kita.

Krisis tersebut antara lain berupa meningkatnya pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja, kejahatan terhadap teman, pencurian remaja, kebiasaan menyontek, penyalahgunaan obat-obatan, pornografi, dan perusakan milik orang lain sudah menjadi masalah sosial yang hingga saat ini belum dapat diatasi secara tuntas, oleh karena itu betapa pentingnya pendidikan karakter.

Membangun karakter peserta didik perlu pemahaman yang lebih mendalam, lebih tepatnya dalam hal ini MAN 2 Lebong membangun para peserta didiknya melalui sholat dhuha, yang telah lama dimasukkan dalam program MAN 2 Lebong yang sangat membantu madrasah dalam membangun karakter peserta didik dan saat ini termasuk pula ke dalam kurikulum madrasah yang dilaksanakan setiap hari secara bergantian perkelasnya pada pukul 09.30 WIB setelah bel istirahat pertama berbunyi.

Menurut Pembimbing Kegiatan Shalat Dhuha, Eman Sulaeman, S.Pd mengatakan bahwa “ program sholat Dhuha ini termasuk salah satu program RISMA untuk membangun pondasi para peserta didik agar menjadi anak yang disiplin, religius dan cerdas serta untuk meningkatkan ketaqwaan dan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT.

Selain itu juga kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan para peserta didik melakukan ibadah pagi hari selain memang sholat dzuhur berjamaah juga wajib dilaksanakan di MAN 2 Lebong ini. Membiasakan peserta didik dalam menjalankan shalat dhuha dan shalat zuhur berjamaah adalah merupakan salah satu bentuk usaha dalam membangun dan membentuk karakter peserta didik itu sendiri “, papar beliau.

Widia Ningsih, S.Pd.I selaku Pembina RISMA MAN 2 Lebong pada kesempatan ini juga mengatakan bahwa banyak sekali manfaat atau faedah sholat duha yang dapat diperoleh dan dirasakan oleh orang yang melaksanakan salat duha, diantaranya adalah dapat melapangkan dada dalam segala hal.

Terlebih lagi shalat dhuha tidak hanya berguna untuk mempersiapkan diri menghadapi hari dengan rangkaian gerakan teraturnya, tapi juga menangkal stress yang mungkin timbul dalam kegiatan sehari-hari.  Ada 18 butir nilai-nilai pendidikan karakter diantaranya yaitu Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat/komunikatif, Cinta Damai, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli social, dan Tanggung jawab.

Mudah-mudahan dengan diadakannya kegiatan rutin shalat dhuha dan zuhur berjamaah di MAN 2 Lebong ini dapat membawa  peserta didik dalam memiliki karakter yang baik yang tidak hanya didukung oleh pengetahuan tentang kebaikan saja, akan tetapi juga keinginan untuk berbuat baik, dan melakukan perbuatan kebaikan tentunya “, demikian Widia menambahkan.

Penulis : Widia Ningsih, S.Pd.I **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :