MAN 2 Lebong Terima Penyuluhan Pencegahan HIV-AIDS dan Narkoba

MAN 2 Lebong Terima Penyuluhan Pencegahan HIV-AIDS dan Narkoba

Bengkulu (Informasi dan Humas) 5/9- Rabu, 31 Agustus 2016 berlangsung kegiatan Penyuluhan Pencegahan HIV – AIDS dan Narkoba yang bertempat di Mushalla  MAN 2 Lebong. Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta didik yang terdiri dari perangkat kelas dari kelas X sampai dengan kelas XII dan beberapa orang guru. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala MAN 2 Lebong.

Aji Agus Salim, M.Pd selaku Kepala MAN 2 Lebong menyampaikan bahwa permasalahan HIV – AIDS dan narkoba sudah merusak tatanan hidup masyarakat tanpa mengenal usia, status sosial dan jenis kelamin. Korban pun terus meningkat mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pegawai, dan lain sebagainya. Kelompok terbesar adalah remaja yang merupakan penerus perjuangan bangsa.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menekan dan menanggulanginya, salah satunya melalui sosialisasi dan penyuluhan dan salah satunya adalah dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan kemarin di kompleks MAN 2 Lebong, ungkap Aji.

Beliau juga menyampaikan bahwa diadakan kegiatan ini antara  lain adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam terhadap masalah penanggulangan dan pencegahan HIV – AIDS dan Narkoba di sekolah sehingga nantinya dapat diimplementasikan kembali kepada masyarakat.

Adapun narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini adalah beberapa instruktur dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong. Materi disajikan sangat menarik. Para peserta didik diajak untuk menyaksikan beberapa video yang terkait dengan pencegahan HIV – AIDS. Para penderita HIV – AIDS tidak perlu dijauhkan atau dikucilkan.

Penularan HIV tidak terjadi karena bersentuhan, namun dapat terjadi melalui 4 jenis cairan, yaitu : asi, cairan vagina, cairan sperma dan darah, sehingga yang perlu kita lakukan adalah menjauhi penyakitnya dan bukan menjauhi orangnya.

Selain video mengenai HIV – AIDS, para peserta didik juga dijelaskan berbagai jenis narkoba dan dampak yang dapat ditimbulkan jika mengkonsumsi narkoba. Menyalahgunakan narkoba atau obat-obatan yang tidak ada resepnya dari dokter dapat merusak tubuh, sehingga diharapkan para pesrta didik dapat hidup sehat, berprestasi tanpa narkoba, demikian yang dijelaskan oleh salah satu instruktur dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong.

Penulis : Widia Ningsih, S.Pd.I **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :