MTsN 02 Lebong Galakan Ekstrakurikuler Pencak Silat

 MTsN 02 Lebong Galakan Ekstrakurikuler Pencak Silat

Bengkulu (Informasi dan Humasi) 30/8- Nampak para siswa MTsN 02 lebong mengikuti Ekstrakurikuler Bela Negara dengan serius dan bersungguh-sungguh. Adapun peserta yang mengikut ekstrakurikuler tersebut tidak dibatasi oleh pihak sekolah. Semua bisa ikut berpartisifasi,  baik para Dewan Guru ataupun para siswa, laki-laki maupun perempuan. Kegiatan yang dilakukan pada hari itu diikuti oleh sekitar 30 siswa selama lebih kurang dua jam. Yakni dari pukul  08.00 sampai dengan pukul 10.00 WIB di Lapangan MTsN 02 Lebong.

Bela Negara begitulah istilah yang dinamakan dengan kegiatan ini. kegiatan bela negara  sudah berlangsung lebih kurang  dua bulan ini. kegiatan yang iikuti oleh para siswa-siswi MTsN 02 Lebong selalu ramai diikuti.

Mereka mengikuti Ekstrakurikuler Bela Negara ini sebagai media untuk berolahraga demi kesehatan. Bela Negara adalah salah satu jenis kegiatan ekstrakurikuler yang berupa gerakan-gerakan yang secara  teratur dan seragam pada saat diperagakan. Salah satu Siswa MTsN 02 Lebong yakni Sudomo Mengungkapkan “ alasan mengikuti kegiatan bela negara dikarenakan gerakannya mudah diterapkan dan serta mengasyikkkan dan yang lebih utama adalah menyehatkan”.  

Kegitan tersebut dikoordinir dan dilatih oleh guru olahraga yakni Bapak Irwan Ansori. Dalam kesempatan tersebut beliau meyampaiakan “ kegitan bela negara ini akan terus dilanjutkan mengingat banyak para siswa yang berpartisifasi setiap pekannya”.Awalnya kegiatan ini hanya diagendakan selama dua bulan ini saja, tetapi dengan melihat antusias para siswa mengikuti kegiatan ini, maka kita akan usulkan dengan Kepala Sekolah agar kegiatan ini terus dilanjutkan selama pada semester ini.

Kepala Sekolah MTsN 02 lebong, yakni Drs. Yan Rodi, S.Pd.I.  juga membenarkan bahwa kegiatan  bela negara sempat diusulkan oleh Bapak Irwan Ansori agar terus dilaksanakan mengingat para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan olahraga tersebut. “Hal ini akan kita tindak lanjuti secara bersama-sama dengan Dewan guru MTsN 02 Lebong, apabila kegiatan tersebut kiranya layak dan memberikan nilai positif insyaAllah kegiatan tersebut dimantapkan di MTsN 02 Lebong. Bahkan bukan hanya dalam satu semester ini saja, bila perlu kegiatan Ekstrakurikuler tersebut menjadi kegiatan yang terus dipertahankan”.

Bela Negara di MTsN 02 Lebong biasanya dimulai dari pukul 08.00 WIB. Sebenarnya kegiatan tersebut serupa dengan kegiatan pencak silat, hanya saja kegiatan ini tidak memakai jurus-jurus tertentu walaupun banyak gerakan-gerakan yang diperagakan, baik dari kekuatan kaki ataupun kekuatan tangan. Bela Negara yang dilaksanakan di MTSN 02 Lebong berupa gerakan-gerakan yang berguna untuk menjaga kebugaran tubuh serta menjaga daya tahan tubuh.

Tak jarang juga kepala sekolah meninjau langsung kegiatan Bela Negara tersebut, demi melihat langsung antusias para siswa. Peninjauan secara langsung untuk memastikan apakah kegiatan tersebut layak atau hanya diterapkan selama dua bulan ini saja.

Penulis : FHDI **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :