Kemampuan Baca Al-Quran Syarat Prioritas Masuk MAN 2 Lebong

Kemampuan Baca Al-Quran Syarat Prioritas Masuk MAN 2 Lebong
Suasana tes baca al-quran di MAN 2 Lebong

Bengkulu (Informasi dan Humas) 21/7- Sekitar 50 orang peserta MATSAMA MAN 2 Lebong Tahun Ajaran 2016/2017  mengikuti tes membaca al-Quran sebagai salah satu syarat untuk masuk atau menjadi peserta didik MAN 2 Lebong yang digelar di Mushalla MAN 2 Lebong, kemarin, Rabu (20/7/16).

Dalam sambutannya Kepala MAN 2 Lebong, Aji Agus Salim, M.Pd mengatakan tes membaca alqur’an itu bertujuan memberi contoh kepada warga madrasah tentang pentingnya kemampuan membaca al-Quran.

“Salah satu landasan negara kita adalah Ketuhanan Yang Maha Esa yang mengajarkan kita menjadi umat beragama yang baik. Dengan tes ini kita harapkan warga MAN 2 Lebong  juga terus termotivasi untuk mendalami al-Quran,” katanya.

Aji mengatakan, MAN 2 Lebong  sebagai sekolah berbasis agama tidak sepantasnya warganya menderita buta huruf, baik latin maupun al-Quran.

“Dengan adanya tes ini, kami ingin menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa output MAN 2 Lebong bisa membaca al-Quran dengan baik,” katanya.

Dari wajah-wajah yang hadir kemarin, mereka nampak santai menunggu giliran untuk diuji kemampuan membaca al-Quran.

Aji juga mengatakan tidak ada istilah lulus atau tidak lulus dalam tes tersebut. “Kami hanya ingin melihat kemampuan para peserta didik dalam membaca al-Quran. Jika dianggap masih kurang, nanti akan dilakukan bimbingan supaya lebih lancar,” jelas Kepala MAN 2 Lebong.

“Semoga dengan kegiatan ini gaung program pemberantasan buta aksara al-Quran semakin terdengar tidak hanya di MAN 2 Lebong saja akan tetapi mencakup seluruh Wilayah yang ada di Kabupaten Lebong ini hendaknya,” demikian tutur Kepala MAN 2 Lebong.

Penulis : Widia Ningsih, S.Pd.I **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :