MTs Al-Hadi Lebong Laksanakan Sosialisasi Pontren dan Pelepasan Siswa

MTs Al-Hadi Lebong Laksanakan Sosialisasi Pontren dan Pelepasan Siswa

Bengkulu (Informasi dan Humas) 24/5-  Yayasan Madinatunnajah Al-Hadi Madrasah Tsanawiyah Al-Hadi Tahun ini (TA 2015/2016) MTs Al-Hadi Turan Lalang Kec. Lebong Selatan Kab. Lebong Provinsi Bengkulu melaksanakan acara Pelepasan Siswa-Siswi Kelas IX serta Sosialisasi Keberadaan Pondok Pesantren Madinatunnajah Al-Hadi Lebong. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 21 Mei 2016 mulai pukul 09.00 s.d pukul 16.00 WIB.

Acara telah dilaksanakan dengan baik tanpa ada rintangan apapun. Dalam pelaksanaannya Kepala Madrasah telah mengembalikan secara simbolis peserta didik kepada orang tuanya yang telah menitipkan putera-puterinya kurang lebih 3 tahun yang lalau di Madrasah ini. Kepala Madrasah menghimbau kepada wali murid agar peserta didiknya terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tingi.

Dalam mempromosikan hasil pendidikan yang telah diberikan kepada peserta didik, di acara tersebut pihak Madrasah melibatkan peserta didik dalam memeriahkan acara, seperti Qari’/Qari’ah, tim paduan suara dalam menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya dan Hymne Madrasah, pembawa acara diplopori oleh siswa/I dalam 2 bahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, Kata Sambutan dari OSIS dan perwakilan kelas IX dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia, serta pertunjukan seni kreasi tari dan nasyid lainnya disela-sela acara.

Hal yang paling mendasar untuk melaksanakan acara tersebut adalah disebabkan selama ini tidak pernah dilaksanakannya acara pelepasan seperti ini, kemudian juga bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang keberadaan MTs Al-Hadi serta mengharapkan berjalannya Pondok Pesantren Madinatunnajah Al-Hadi karena telah pasif mulai tahun 2011 hingga saat ini.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua DPC Yayasan (Bpk. Drs.H.Dalhadi Umar, B.Sc, M.Si), Ketua Yayasan (Bpk. Drs.H.Sjaironi Umar Turang), Pengawas Yayasan (Bpk.H.M.Idris), Camat Lebong Selatan, Kepala UPTD Dikdas Kec.Lebong Selatan, Kepala MI/SD, Kepala MTs, Kepala Desa/ Lurah, Pengurus Syar’iyah, Majelis Taklim Se Kec. Lebong Selatan dan Bingin Kuning.

Dalam sambutannya, Ketua DPC Yayasan Madinatunnajah Al-Hadi (Bpk. Drs.H.Dalhadi Umar, B.Sc, M.Si) menyampaikan terus bertekad membantu pihak Madrasah dan akan membangun Madrasah dan Pondok Pesantren yang layak sebagai tempat pembelajaran yang ilmiah dan agamis yang berguna bagi peserta didik dan masyarakat pada umumnya. Pihak Yayasan dan Madrasah serta Pemerintah menghimbau kepada Masyarakat agar menitipkan putera-puterinya yang tamat SD/MI agar melanjutkan pendidikan di MTs Al-Hadi yang berbasis pesantren ini karena dari segi keilmuan memiliki nilai plus dan positif dalam mempelajari pendidikan karakter dan pendidikan agama sebagaimana kita harapkan.

Walaupun kegiatan pondok saat ini pasif, namun harapan kedepannya Kegiatan pondok pesantren bisa aktif kembali. Walau bagaimanapun kondisinya, kepala Madrasah akan terus memberikan pendidikan ekstra kepada peserta didik khususnya yang bercirikhas pesantren, seperti Penekanan pada penguasaan Keilmuan Bahasa Arab  dan Bahasa Inggris, Ilmu Tilawah Al-Qur’an, Tahfiz Al-Qur’an, Ilmu Kaligrafi Arab serta kesenian yang bersifat agamis melalui pembelajaran ekstra kurikuler sesuai dengan ketersediaan Guru Bidang Studi yang dimiliki MTs Al-Hadi.

Penulis : Candra Hartawan, S.Pd.I **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :