UN MTsN Kota Donok Lebong Berjalan Lancar

UN MTsN Kota Donok Lebong Berjalan Lancar

Bengkulu (Informasi dan Humas) 13/5- Ujian Nasional atau disingkat UN adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003. Berkenaan dengan hal tersebut, maka mulai hari Senin para siswa di MTsN 2 Kota Donok telah mengikuti Ujian Nasional secara serentak.

Ujian Nasional di MTsN 2 Kota Donok hari ini memasuki hari keempat akhirnya dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Ujian Nasional dapat berjalan dengan lancar, dari hari pertama sampai hari terakhir yakni, dimulai pada hari Senin sampai hari Kamis. 

Dari data yang dihimpun jumlah peserta yang mengikuti ujian di MTsN 2 Kota Donok seharussnya adalah 42 siswa, dikarenakan ada 3 siswa yang tidak ikut ujian sehingga para peserta hanya berjumlah 39 siswa. Dari 39 siswa dapat dirincikan sebagai berikut: putra berjumlah 27 dan putri berjumlah 12. 

Berkenaan dengan keamanan dan pengawasan Ujian Nasional di MTsN 2 Kota Donok , maka setiap hari dihadiri oleh berbagai pihak, baik dari Kepolisian, Pengawas ruang , Pengawas Sektor bahkan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong. Berdasarkan Surat Keputusan dari Dinas Diknaspora Kab. Lebong , nama-nama pengawas di MTsN 2 Kota Donok tahun ini adalah. Zahlul, S.Pd. dari SMPN 2 Lebong atas, Marlis Junaidi, S.ag. dari SMPN 2 Lebong Sakti, Dedi Purnama, S.E. dari MTs Al Hadi, rahmi Utama, S.Pd. dari SMPN 1 Lebong Selatan, Nori Vemli S.Pd. dari SMPN 2 Lebong Selatan dan Sukarman, S.Pd. dari SMPN 2 Lebong Selatan. Selain pegawas selama empat hari ini juga ada 1 pengawas sektor yakni bapak Arpan, A,Mpd. 

Ujian Nasional dilaksanakan untuk melihat ketercapaian para siswa yang telah menempuh pendidikan selama 3 tahun selama ini. dengan diadakannya Ujian Nasional (UN) para siswa akan melihat hasil dari pembelajaran yang telah mereka tempuh di sekolah ini. Pada Ujian Nasional tahun ini kita berharap para siswa dapat lulus dengan nilai yang baik, sehinnga kedepan para siswa dapat melanjutkan sekolah yang mereka harapkan. 

“Selaku pihak sekolah Berbagai usaha telah dilakukan salah satunya adalah melakukan Les atau belajar tambahan dengan harapan para siswa lebih siap dan mampu menjawab soal-soal ujian dengan baik”, ungkap Kepala Sekolah MTs N 2 Kota Donok , yakni Bapak Drs. Yan Rodi, S.Pd.I. 

Ujian nasional yang dilaksanakan di MTsN 2 Kota Donok terdiri dari 3 ruang yakni, ruang I terdiri dari 19 peserta, ruang II terdiri dari 17 peserta dan ruang tiga terdiri dari 3 peserta. Saat ditanya dengan Ibu Dra. Zurianis, selaku Ketua Panitia Ujian Nasional tentang perlengkapan mengenai UN beliau memaparkan ,“Semua hal yang berkaitan dengan proses Ujian Nasional telah dipersiapkan dengan baik. Dari segi kelengkapan yang berkaitan dengan administrasi rasanya tidak ada yang kurang, seperti denah Lokasi, daftar para peserta ujian bahkan hal-hal lain yang dianggap perlu, sudah jauh-jauh hari kami persiapkan. Dalam kesempatan itu juga beliau mengatakan Alhamdulillah Ujian Nasional Tahun ini telah dilaksanakan dengan baik tanpa ada kendala dan kita tinggal menunggu untuk melihat hasil”. 

Masih dikatakan oleh Dra. Zurianis Pada hari pertama Ujian Nasional berlangsung, kita kedatangan dari Diknas Provinsi . Pada hari itu juga Ujian Nasional dimonitoring oleh Kepala Kementerian Agama yaitu Bapak H. Tasri, MA. beliau memantau langsung siswa yang mengikuti ujian pada hari itu.Pada hari kedua dimonitoring oleh Kasubag TU Kemenag Lebong yakni Bapak Kholik . 

Pada hari ketiga dimonitoring oleh Kasi Pendis Madrasah Kemenag Kab. Lebong yakni Bapak Malik, S.ag. Kemudian pada hari keempat ini kalau tidak ada halangan Ujian Nasional akan dimonitoring oleh Bapak Adi Suardi dari Kmenterian Agama Kab. Lebong.

Penulis : Fahrzal **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :