Ka.Kemenag Benteng Dampingi Peserta Perkemahan ROHIS Cibubur

 Ka.Kemenag Benteng Dampingi Peserta Perkemahan ROHIS Cibubur

Bengkulu (Informasi dan Humas) 10/5- Pada pelaksanaan Perkemahan Rohis di Cibubur baru-baru ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Benteng Drs. H. Ajamalus, MH, hadir bersama Kepala Kemenag Kabupaten Lainya dan PJS Kanwil H. Bustasar, dikatakan oleh Ajamalus Rohis yaitu singkatan dari Rohani Islam merupakan sebuah organisasi guna memperdalam dan memperkuat ajaran Islam. Rohis biasanya dikemas dalam bentuk ekstrakurikuler di sekolah menengah pertama(SMP) dan sekolah menengah atas (SMK/SMA).

Fungsi Rohis sendiri adalah guna berbagi ilmu pengetahuan islam dalam bentuk forum, pengajaran, dakwah. Dalam susunan Rohis layaknya OSIS, di dalamnya terdapat ketua, wakil, bendahara, sekretaris, dan divisi-divisi yang bertugas pada bagiannya masing-masing. Ekskul ini memiliki juga program kerja serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Rohis mampu membantu mengembangkan ilmu tentang Islam yang diajarkan di sekolah, itu dikatakan oleh Kepala Kemenag Benteng ketika dihubungi melalui Via telpon Rabu minggu lalu 04/05 lebih kurang pukul 09.00 Wib, ketika menghadiri Perkemahan Rohis Siswa/siswi SMA/SMK Tingkat Nasional di Cibubur Bogor.

Ditambahkan oleh Ajamalus, Rohis sendiri memiliki manfaat tersendiri untuk anggota yang mengikuti ekstrakurikuler yang berada di dalam sekolah tersebut, terutama mengajak kepada kebaikan dengan agenda-agenda yang bermanfaat. Rohis bukan sekadar ekskul biasa. Lebih dari itu Rohis adalah satu-satunya organisasi yang komplit dan menyeluruh. Ilmu dunia dan ilmu akhirat dapat ditemukan di sini. Rohis juga media pengajaran cara berorganisasi dengan baik, pembuatan proposal, bekerja sama dengan tim, dan pendewasaan diri karena dituntut untuk mengutamakan kepentingan kelompok atau jamaah di atas kepentingan pribadi.

Pengurus  Rohis   SMA dan SMK merupakan  pionir perubahan  yang ditiru oleh para siswa  karena  dapat  menyeimbangkan  antara  penguasaan  ilmu  pengetahuan  dan teknologi serta pengamalan niai-nilai ajaran islam dalam kehidupan  sehari-hari. Sehingga membentuk kepribadian  muslim  yang representatif  dan berkesinambungan,  sehingga  syiar islam  terus berkembang  secara darnai  dan dinamis  sesuai dengan perkembangan  zaman. ROHIS SMA dan  SMK  perIu  dikembangkan   kegiatan-kegiatan   keislaman   dengan  format  yang  lebih menarik, sehingga menimbulkan antusias segenap civitas sekolah untuk mengikutinya.

Penulis : Guntur **
Redaktur: H.Nopian Gustari


Bagikan :