MTs Al-Hadi Kabupaten Lebong Penyelenggaran UN Perdana

MTs Al-Hadi Kabupaten Lebong Penyelenggaran UN Perdana

Bengkulu (Informasi dan Humas) 9/5- (Yayasan Madinatunnajah Al-Hadi Madrasah Tsanawiyah Al-Hadi). Tahun ini (TA 2015/2016), MTs Al-Hadi Turan Lalang Kec. Lebong Selatan Kab. Lebong Provinsi Bengkulu sudah bisa menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) sendiri. Mulai hari ini (09 s.d 12 Mei 2016) pelaksanaan ujian perdana telah dilaksanakan dengan baik tanpa ada rintangan apapun. Hal yang paling mendasar untuk menjadi pelaksana UN di MTs Al-Hadi Turan Lalang khususnya, dan Madrasah/ Sekolah pada umumnya adalah Sekolah/ Madrasah telah terakreditasi, memiliki jumlah peserta ujian minimal 20 orang. Dan jika jumlah peserta ujian tidak mencukupi 20 orang, maka Madrasah/ Sekolah juga bisa meyelenggarakan UN mandiri dengan adanya pertimbangan kelayakan dari Dinas Diknaspora Setempat maupun dari Dinas Provinsi dengan syarat Madrasah/ Sekolah telah terakreditasi. Hal tersebut sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan ujian nasional dan BSNP Tahun 2016.

Untuk saat ini dalam pelaksanaan UN, MTs Al-Hadi Turan Lalang telah mengantongi Akreditasi “C”, Mudah-mudahan bisa ditingkatkan ke “B” pada tahun 2019 nanti, serta 15 orang peserta UN dan memiliki SK Penyelenggara Ujian Nasional dari Dinas Kabupaten. Tahun-tahun sebelumnya MTs Al-Hadi Turan Lalang menginduk ke MTsN Kota Donok dan MTsN Muara Aman untuk legalitas ijazah, dan Alhamdulillah tahun ini telah bisa melaksanakan sendiri. 

Pengawasan silang yang diamanatkan di MTs Al-Hadi adalah Guru dari SMPN 1 Lebong Selatan berjumlah 2 (dua) orang. Dan 2 orang guru MTs Al-Hadi mengawasi UN Di MTsN Kota donok satu orang dan satu orang lagi di SMPN 1 Lebong Selatan . Selain itu ada juga pengawasan dari pihak kepolisian Kapolsek Lebong selatan, dan pengawas sector. Pelaksanaan UN hari pertama ini telah dihadiri Kepala Pendis Kemenag Lebong (Bpk. Abdul Malik, S.Ag) dan Pengawas Pendis/ Madrasah Kemenag Lebong (Ibu Meli Herawati) serta pihak UPTD Lebong Selatan. Tanggapan positif dari pengawas, baik dari kepolisian maupun kemenag serta diknas adalah mereka terus memotivasi agar terus semangat dan ikhlas dalam menjalani dan mengembani amanat pendidikan ini, serta mengapresiasi pelaksanaan UN Perdana di Madrasah Tsanawiyah Al-Hadi Turan Lalang ini karena sudah dianggap layak untuk menjadi penyelenggara UN.

Selain kualitas pembelajaran dan alumni, Ujian Nasional Mandiri juga sangat penting dilaksanakan karena berkaitan dengan pamor Madrasah serta pengakuan dan kepercayaan dari Masyarakat untuk menitipkan peserta didiknya. Pada hari ini Mata Pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia mulai dari pukul 07.30 s.d 09.30. Ada empat mata pelajaran yang diujikan dalam UN yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Mudah-mudahan pelaksanaan UN bisa terus berjalan dengan baik hingga selesai. 

Penulis : Candra Hartawan, S.Pd.I **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :