MTs Nurul Kamal RL Manfaatkan Halaman Sebagai Kebun Sekolah

MTs Nurul Kamal RL Manfaatkan Halaman Sebagai Kebun Sekolah

Bengkulu (Informasi dan Humas) 29/3- MTs Nurul Kamal manfaatkan halaman kosong tepat dibelakang kantor dengan berbagai jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk guru dan siswa. Mulai dari tanaman cabai, daun bawang, ubi kayu, strawberi, dan labu siam. Hal ini dilakukan selain atas asas manfaat juga mengajarkan kepada para siswa untuk gemar bercocok tanam.

Kepala MTs Nurul Kamal, Yonis Firma, s. Ag, M. Pd. I menghimbau kepada seluruh anak didiknya untuk terus menjaga kelestarian lingkungan kita, Menjaga lingkungan tetap asri, dan manfaatkan lingkungan yang kurang produktif dengan berbagai tanaman yang bermanfaat. Selain itu beliau juga mengajak kepada para guru MTs Nurul Kamal untuk terus menyampaikan kepada siswanya tentang pentingnya hidup sehat, Tentunya dimulai dari makanan yang sehat, dan makanan yang sehat tidak harus kita beli namun kita mampu dengan menanamnya sendiri.

Sebelumnya halaman kosong yang tepat berada di belakang kantor adalah area pembuangan sampah, Sehingga membuat pemandangan yang kurang enak. Ditambah lagi terkadang siswa membuang sampah tidak tepat di lubang sampah, Sehingga sampah bertebaran dimana-mana. Dengan di manfaatkannya sebagai kebun sekolah, Sekarang para siswa dan guru bisa memetik hasilnya.

Kebun sekolah MTs Nurul Kamal juga bermanfaat untuk program pengajaran seperti praktek IPA dan praktek karya Ilmiah Remaja (KIR). Beberapa tanaman yang mulai dipraktekkan siswa adalah menyambung tanaman rimbang dengan terong. Sehingga siswa bisa praktek langsung di sekolah dan tidak hanya membaca di buku saja. Selain itu guru yang bersangkutan bisa menjelaskan tidak hanya teori belaka, namun tentunya dengan pengetahuan praktikum yang notabennya lebih mudah dipahami para siswa.

Penulis : Okmansyah **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :