KUA PUT Rejang Lebong Selenggarakan Praktek Shalat Gernaha

KUA PUT Rejang Lebong Selenggarakan Praktek Shalat Gernaha

Bengkulu (Informasi dan Humas) 7/3- Dalam rangka menyikapi Data Astronomis Gerhana Matahari Total (GMT) yangdiprediksi terjadi pada Rabu tanggal 09 Maret 2016,Kantor Urusan Agama Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong menyelenggarakan kegiatan Praktik Shalat Gerhana Matahari (Kusyuf Al-Syams) Se-Kecamatan Padang Ulak Tanding. 

Pelaksanaan kegiatan tersebut juga adalah wujud serius KUA Kec. PUT terkait dengan seruan shalat gerhana oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong dengan Nomor Suarat : Kd.07.03/6/HM.00/0524/2016.

Menurut Musa, S.Pd.I, selaku Kepala KUA Kec. PUT menyatakan bahwa kegiatan Praktik Shalat Gerhana tersebut bertujuan untuk pembekalan dan pemantapan bagi para imam ataupun pengurus Masjid, mengingat dalam pelaksanaan shalat gerhana di wilayah PU. Tanding agak asing terdengar bagi masyarakat. 

Sehingga dihimbau pada tanggal 09 Maret tersebut agar setiap desa mapun kelurahan dalam wilayah Kecamatan PU. Tanding dapat menyelenggarakan Shalat Gerhana. Tegas Musa.

Kegiatan Praktik Shalat Gerhana yang bertempat di Aula KUA tersebut turut melibatkan unsur pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Padang Ulak Tanding.Sebab kerlibatan kedua organisasi tersebut sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan shalat gerhana pada tanggal sembilan nantinya.

Karena, memang dibutuhkan komunikasi aktif bukan hanya untuk pemerintahan di tingkat kecamatan saja perlu dilaksanakan koordinasinya, melainkan dari pemerintah kelurahan, desa hingga dusun perlu disampaikan sehingga seruan shalat gerhana bisa berjalan masif.

Kegiatan praktik shalat gerhana yang dilaksanakan oleh KUA Kec. PU.Tanding dilaksanakan pada pukul 08.30 WIB hingga selesai dengan peserta Imam Keluraha dan Desa serta pengurus masjid dalam wilayah Kecamatan Padang Ulak Tanding, materi langsung disampaikan oleh Kepala KUA dan pimpinan MUI Kecamatan PU. Tanding, Payaman Nasutionserta DMIKecamatan PU. Tanding, Emron Rosadi.

Penulis : Prasetyo Nugraha, M.HI **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :