Ka Kemenag Lebong Himbau Lakukan Salat Gerhana

Ka Kemenag Lebong Himbau Lakukan Salat Gerhana

Bengkulu (Informasi dan Humas) 2/3- Kepala Kantor Kementereian Agama Kabupaten Lebong Drs. H. Tasri MA Menghimbau Kepada Kepala KUA dan Kepala Madrasah untuk melakukan salat Gerhana pada hari Rabu 9 Maret 2016. di aula kantor kementerian agama pada acara penandatanganan pakta integritas Selasa (01/03) 

Ia mengtakan Menurut data astronomi pada hari Ragu tangal 9 Maret 2016 bertepatan dengan tanggal 29 Jumadil Awal di seluruh Wilayah Indonesia akan terjadi gerhana matahari total(GMT)untuk lokal Bengkulu. Mulai jam 06:20 sampai 08:28.

Fenomena gerhana adalah adalah kejadian yang sangat unik bagi kta, karena pada puncak gerhana piringan matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan bulan saat itu piringan bulan sama besar atau lebih besart dari matahari, sehinga siang hari yang baisanya terang menjadi gelap karena tidak ada cahaya matahari saat itu, hal ini merupakan bukti kebesaran allah dan pelajaran bagi umat manusia untuk mengagungi kebesaran Allah. 

“Kepada Kepala KUA Kecamatan dan Kepala Madrasah se-Kabupaten Lebong untuk melaksanakan salat gerhana matahari (kusuf al Syams) secara berjamaah di wilayah masing-masing bersama para ulama, pimpinan ormas Islam dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah tingkat kecamatan” himbau H. Tasri

Ia juga mengatakan sesuai dengan tutunan yang disyareatkan nabi Muhammad Saw. ketika terjadi gerhana hendaknya untuk menghadirkan rasa takut kepada Allah Swt ketika terjadi gerhana, memperbayak istigfar, berdzikir dan berdo’a, bertakbir, bersedekah, serta berlindung kepada Allah dari azab kubur dan azab neraka.

Penulis : Bibin **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :