Ka.KUA Sindang Beliti Ilir Ikuti Musrenbang Kecamatan

Ka.KUA Sindang Beliti Ilir Ikuti Musrenbang Kecamatan

Bengkulu (Informasi dan Humas) 25/2- Beberapa waktu yang lalu, kepala KUA Sindang Beliti Ilir mengikuti acara Musrembang Tingkat kecamatan Sindang Beliti Ilir Kab.Rejang Lebong. Kehadiran Ka.Kua Sindang Beliti Ilir adalah berkapasitas sebagai undangan Unsur dari Camat kecamatan Sindang Beliti Ilir. 

Menurut Camat Sindang Beliti Ilir, beliau berpendapat bahwa pembangunan bukan merupakan Fisik belaka dan lebih penting dari pada semuanya adalah pembangunan dibidang non fisik bagi kecamatan ini,adalah bidang Aqidah dan syariat Islam,yakni pihak KUA mau tidak mau harus dilibatkan.

Acara ini dilaksanakan pihak kecamatan Sindang Beliti Ilir,berdasarkan Anggaran Dasar Desa (ADD) yang baru akan dikucurkan/di cairkan pada tahun 2016 ini berjumlah rata-rata Rp.600 Juta atau lebih disetiap desanya. Ada pun tujuan diadakan kucuran dana ini adalah untuk pembangunan di seluruh desa, Pembangunan yang dimaksud adalah Infra Struktur dan Pemberdayaan. 

Prediksi dan menurut Juklak dan Juknis dari pemerintah Daerah(PEMDA) besaran penggunaan/pencairan dana ADD ini ini di alokasikan 70% untuk pembangunan InfraStruktur dan 30% diperuntukkan sektor pemberdayaan.

Hadir pada acara ini adalah Camat,BAPEDA Rejang Lebong,DPRD R/L,Polsek/Koramil Kt.Padang/ Sindang Beliti Ilir. Kemudian kepala KUA Sindang Beliti Ilir, para Kepala Desa,BPD dan Pemuka masyarakat,tokoh Agama yang mendapat undangan pada acara ini.

Kepala KUA SBI Darwis,S.Ag, menyampaikan program-program KUA dan usulanmengenai pembangunan dilini sektor pemberdayaan.Artinya bakal ada harapan jika didesa-desa ingin mengadakan peringatan hari-hari besar Islam tidak ada kendala lagi masalah dana, sebab dana sudah di anggarkan dari PEMDA via ADD.

Kalau selama ini di daerah ini bicara soal hari-hari besar Islam tidak/kurang mendapat respond, karena terkendala biaya dan sebagainya, ya mungkin karena kondisi Ekonomi atau pemahaman dan penghayatan nilai-nilai Agama (Islam) tidak terpatri didalam kehidupan, sehingga yang mengadakan hanya di desa/trans tertentu.

Maka dengan kesempatan yang baik dan tepat ini Kepala KUA SBI memeberikan pandangan dan motivasi religius kepada para Unsur MUSPIKA dan masyarakat pada umumnya tentang Vissi dan Missi Kantor Urusan Agama “Mewujudkan Masyarakat Sindang Beliti Ilir untuk yang taat menjalankan ajaran Agamanya, agar sejahtera lahir bathin. Dan dikesempatan ini Kepala KUA SBI juga menyampaikan Program-program; yaitu

  1. Mengajak masyarakat Muslim untuk gemar Sholat Jum ‘at dan berjama’ah di Masjid
  2. Menertibkan administrasi para Catin sesuai dengan peraturan
  3. Menghindari nikah tidak tercatat/usia dini 
  4. Menertibkan pencatatan/tulisan yang objektif jelas dan dapat dibaca pada model NAYang disampaikan ke Kantor Urusan Agama
  5. Pastikan Nikah anda tercatat di Kantor Urusan Agama Sindang Beliti Ilir
  6. Pastikan generasi muda di kecamatan ini sebagai generasi qur’ani dan Islami
  7. Mendayafungsikan tenaga Penyuluh Agama Honorer di Kecamatan Sindang Beliti Ilir
  8. Melengkapi data yang berkaithubung dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Kantor Urusan Agama Kecamatan Sindang Beliti Ilir.

Penulis : Darwis, S.Ag **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :