Ka.Kemenag Lebong Terima Tim Monitoring Zakat Dan Wakaf

Ka.Kemenag Lebong Terima Tim Monitoring Zakat Dan Wakaf

Bengkulu (Informasi dan Humas) 18/2- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Drs. H. Tasri MA terima Tim monitoring Zakat dan Wakaf dari Bidang Penais Zawa Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu diruang kerjanya pada hari Senin (15/02)

Ia mengatakan maksud tim dari Bidang Penais Zawa kanwil Bengkulu ini untuk memvalidasi data wakaf di Kabupaten Lebong dengan data yang ada di Kanwil Bengkulu. Serta meningkatkan pemanfaatan harta wakaf bagi masyarakat.

“Esensi wakaf produktif adalah upaya untuk meningkatkan fungsi wakaf agar dapat memenuhi kebutuhan para pihak yang berhak menerima manfatnya(maukuf alaih). Dengan terpenuhinya kebutuhan para pihak maka wakaf dalam batas-batas tertentu telah berpungsi untuk mensejahterakan masyarakat” jelas H. Tasri

Sementara itu kasi Bimas Islam Kemenag Lebong H. Darul Maukuf S. Ag mengatakan data wakaf yang telah masuk di kemenag lebong sampai tahun 2015 sebanyak 216 persil tanah wakaf yang telah bersertifikat 24 sudah masuk AIW dan 28 yang belum masuk AIW.

H. Darul menambahkan tentang keadan zakat kabupaten lebong bahwasanya di kabupaten lebong melalui BAZNAS Kabupaten lebong untuk tahu 2015 telah terkumpul dari muzaki uang sejumlah 180 juta rupiah kemudian disalurkan kepada 180 orang mustahik yang terdiri dari 90 orang untuk konsumtif sebesar 500 rubu rupiah dan 90 orang untuk zakat produktif usaha kecil sebesar 2 juta rupiah.

“Potensi zakat yang akan di peroleh dari zakat profesi PNS kabupaten lebong dengan jumlah 4000 orang maka dana yang akan terkumpul dalam satu bulan sekitar 200 juta rupiah, maka dalam setahun dana yang terkumpul di baznas kabupaten Lebong kurang lebih 2 milyar.

Penulis : Bibin **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :